Budapesti Közlekedési Központ (BKK) atau Otoritas Transportasi Budapest mulai mengoperasikan armada trem terbarunya pada Kamis (31/3) lalu. Kehadiran trem seri CAF Urbos 100 3/9 yang memiliki lantai rendah (low floor) ini adalah salah satu langkah BKK untuk meremajakan armada trem yang beroperasi di Ibukota negara Hungaria ini.

Trem seri CAF Urbos 100 3/9 yang dibuat oleh Construcciones y Auxiliar de Ferrocarriles (CAF), produsen kereta api (KA) asal Spanyol ini diklaim sebagai trem dengan rangkaian paling panjang di dunia. Satu trainset (rangkaian) trem ini memiliki panjang 55,9 m dengan formasi 9 unit section (kereta), berbeda dari trem pada umumnya yang rangkaiannya terdiri dari 1 hingga 5 kereta saja. Trem ini dioperasikan di jalur trem Koridor 1 kota Budapest yang menghubungkan Bécsi út / Vörösvári út dengan Etele út / Fehérvári út.

tn_hu-budapest_caf_long_tram_in_service_4_B_Zelki
Rangkaian trem baru BKK dengan formasi terpanjang, 9 kereta tiba di salah satu stasiun di Budapest, Hongaria | Foto : Benjámin Zelki

BKK memesan 12 rangkaian trem CAF Urbos seri 100 3/9 ini sejak Maret 2014 lalu, bersamaan dengan pemesanan 35 rangkaian trem berseri sama namun berformasi 5 kereta saja dengan panjang rangkaian 34,2 m. Pada beberapa hari pertama, baru 1 rangkaian yang dioperasikan pada awal bulan ini. 11 rangkaian lainnya diharapkan bisa segera menyusul untuk beroperasi setelah menjalani uji coba statis dan dinamis, dan direncanakan seluruh rangkaian telah beroperasi pada akhir April 2016 ini.

CAF Urbos 100 adalah salah satu seri produk trem andalan CAF. Trem ini dapat beroperasi dengan konfigurasi formasi kereta berjumlah ganjil, mulai dari 3 kereta, 5 kereta, 7 kereta hingga 9 kereta dalam satu rangkaian. Trem ini beroperasi pada lebar sepur standar internasional (standard gauge), 1435 mm dan memerlukan tegangan listrik sebesar 750V DC sebagai sumber tenaganya yang diambil dengan lengan pantograf dari kawat Listrik Aliran Atas (LAA). Uniknya, trem ini juga dapat beroperasi di jalur rel tanpa kawat LAA dengan menggunakan tenaga simpanan pada baterai yang diisi ulang selama rangkaian beroperasi dengan kawat LAA, seperti pada jalur trem Koridor 1 di kota Budapest, dimana terdapat jalur rel dengan dan tanpa kawat LAA di wilayah pusat kota.

Advertisement Inline
tamas fulop
Rangkaian perdana trem CAF Urbos 100 3/9, formasi 9 kereta milik BKK di pabrik CAF | Foto : Tamás Fülöp

Trem ini memiliki beberapa fasilitas yang memberikan kenyamanan lebih pada penumpang, diantaranya lantai kereta yang rendah sehingga tidak sulit untuk dinaiki, penyejuk udara (Air Conditioner / AC), kamera pengawas untuk keamanan dan bodi kereta yang leluasa. Satu rangkaian trem formasi 9 kereta ini dapat mengangkut hingga 339 orang penumpang pada keadaan penuh dalam sekali perjalanan.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.