Perusahaan transportasi umum Pemerintah Kota Rīga, Rīgas Satiksme akan menambah jumlah armada tremnya tahun ini dari perusahaan pabrikan kereta api (KA) dan trem terkemuka, Škoda Transportation untuk memperkuat armada trem di Ibukota negara Latvia. Rīgas Satiksme pada Rabu (27/4) mengumumkan terjalinnya kontrak kerjasama pemesanan rangkaian trem berlantai rendah (low floor) seri 15T baru senilai €62,6juta dengan pabrikan asal Republik Ceko tersebut.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) transportasi publik Ibukota negara Latvia ini memesan 75 unit trem low floor baru yang terbagi dalam 20 rangkaian, dengan rincian 15 rangkaian trem berformasi 4 kereta dan 5 rangkaian trem berformasi 3 kereta, untuk dioperasikan di jalur Route 4 trem kota Rīga yang menghubungkan Imanta dengan Pasar Pusat Rīga (Rīga Central Market).

riga1
Trem Škoda 15T tujuan akhir Jugla di jalur Route 6 | Foto : Harold (Wikimedia Commons)

Seluruh rangkaian trem yang dapat beroperasi di lebar sepur 1.524 mm ini ditargetkan rampung diproduksi dan dikirim dari pabrik Škoda di Plzeň, Republik Ceko pada tahun 2017 mendatang. Škoda akan memberikan layanan purna jual berupa kontrak pemeliharaan selama 30 tahun, penyediaan suku cadang dan garansi 3 tahun pada setiap rangkaian trem yang dipesan.

Advertisement Inline

Industri pembuat KA asal Republik Ceko ini berhasil mengalahkan dua pesaingnya, Pesa yang merupakan pabrikan KA asal Polandia dan Stadler, pabrikan KA yang bermarkas di Swiss. Sebelumnya, Škoda telah memasok 26 rangkaian trem low floor seri 15T, dengan rincian 20 rangkaian trem berformasi 3 kereta dan 6 rangkaian trem berformasi 4 kereta yang dioperasikan di jalur Route 6 relasi Jugla – Ausekļa Street dan Route 11 relasi Mežaparks – Stasiun Sentral Rīga (Rīga Central Station).

15TonJugla
Trem Škoda 15T, armada jalur Route 6 Rīgas Satiksme | Foto : Rodik (Wikimedia Commons)

Trem seri 15T adalah produk andalan Škoda. Seri trem yang juga dikenal dengan nama ForCity Alfa ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, dan telah digunakan di dua kota besar di Eropa, Praha di Republik Ceko dan Rīga di Latvia. Trem low floor yang dilengkapi pendingin udara (Air-Conditioned / AC) ini dapat dioperasikan dengan formasi tunggal (1 kereta) hingga 4 kereta dalam satu rangkaian dan dirancang dapat melaju hingga kecepatan 80 km/jam.

Rīgas Satiksme sendiri memiliki jaringan transportasi yang cukup luas, melayani Ibukota negara pinggir laut Baltik ini dan sekitarnya. Sebanyak 9 jalur trem, 19 rute bus bertenaga Listrik Aliran Atas (LAA) atau trolleybus, 53 rute bus konvensional dan 21 rute mini bus dioperasikan setiap harinya. Selain itu, Rīgas Satiksme juga mengoperasikan 9 rute Night Bus yang beroperasi hanya pada malam hari akhir pekan (weekend) saja.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.