Gelapkan Pajak, Pengarang Log Horizon Ini Mendekam di Hotel Prodeo

0
Pajak membangun bangsa. (Direktorat Jenderal Pajak)

Masalah pajak menjadi momok besar bagi siapapun yang berduit banyak. Berbagai cara ditempuh mulai dari memarkir uang di Panama sampai menghindari bayar pajak.

Pengadilan Negeri Tokyo memvonis Daisuke Umezu – nama asli dari penulis novel Mamare Touno – bersalah atas penggelapan pajak pada Selasa, 26 April 2016. PN Tokyo menjatuhkan hukuman Mamare Touno 10 bulan penjara dengan masa percobaan selama 3 tahun beserta denda 7 juta yen (sekitar 830 juta rupiah) pada manajemennya.

Dilansir dari ANN, penulis seri Log Horizon dan Maoyuu Maou Yuusha ini didakwa menggelapkan pajak dan pelanggaran pajak korporat pada April 2015 silam. Mamare Touno mengaku bahwa dirinya tidak melaporkan pajak dari royalti penjualan novel yang diterimanya sebesar 122 juta yen (sekitar 14,5 miliar rupiah) selama 3 tahun sejak 2014. Akibatnya, Touno wajib membayar pajak kepada pemerintah Jepang sebesar 30 juta yen (hampir 3,6 milyar rupiah).

Advertisement Inline
Cover dari volume 1 Log Horizon - Copyright Yen Press
Cover dari volume 1 Log Horizon – Copyright Yen Press

Setelah didakwa pada April 2015 silam, Touno mengeluarkan pernyataan di situs resminya. Dalam pernyataan tersebut, Touno menyebutkan bahwa dirinya kooperatif dengan pihak kantor pajak Tokyo, berniat menyelesaikan seluruh permasalahan pajaknya, dan meminta maaf karena telah membuat khawatir para fans dan pembacanya. Touno telah menjadi tahanan rumah sejak Desember silam.

Mamare Touno merilis seri novel ringan Log Horizon pada Maret 2011 dan seri Maoyuu Maou Yuusha pada Mei 2011. Log Horizon telah dianimasikan sebanyak dua kali, musim pertamanya pada Oktober 2013 sedangkan musim keduanya pada Oktober 2014. Maoyuu juga dianimasikan pada Januari 2013.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.