Cerita-cerita yang tokohnya terdampar di dunia lain (isekai) masih menjadi salah satu tren yang ramai dalam ranah novel ringan, manga, dan tentu saja anime juga. Dengan banyaknya karya yang ada, bermacam-macam juga perubahan yang dialami karakter yang berpindah ke dunia yang baru. Ada yang menjadi lebih muda dibandingkan saat di dunia asal (misalnya di I’ve Been Killing Slimes for 300 Years and Maxed Out My Level), menjadi makhluk penghuni dunianya yang baru (misalnya That Time I Got Reincarnated as a Slime atau So I’m a Spider, So What?), atau bahkan menjadi benda mati (seperti Reincarnated as a Sword atau Reborn as a Vending Machine, I Now Wander the Dungeon).

Di antara keragaman itu, tentu saja ada juga karya-karya dengan tokoh utamanya berganti gender dari dunia asalnya. Di musim dingin 2022 yang lalu bahkan ada dua yang adaptasi anime bertemakan isekai gender bender yang tayang bersama: Life with an Ordinary Guy Who Reincarnated into a Total Fantasy Knockout (Fantasy Bishoujo Juuniku Ojisan to, atau singkatnya Fabiniku) dan She Professed Herself Pupil of the Wiseman (Kenja no Deshi wo Nanoru Kenja, atau singkatnya Kendeshi). Selain kedua judul itu sebenarnya masih cukup banyak isekai lainnya dengan elemen gender bender, walaupun sebagian besar belum diadaptasi menjadi anime. Dalam artikel ini staf kami merangkum 10 judul isekai gender bender, sebagian merupakan seri novel ringan yang mungkin memiliki adaptasi manga, sebagian lagi dibuat sebagai manga sedari awal, dan beberapa telah diadaptasi menjadi anime sebelumnya.

Tensei Shitara Ore ga Heroine de Aitsu ga Yuusha Datta

© Mizunomoto/Overlap

Media: manga karya Mizunomoto.

Keito Azumi adalah seorang siswa SMA yang tereinkarasi menjadi pemudi cantik di dunia lain. Akan tetapi bukan hanya ia saja yang tereinkarnasi, teman terdekatnya juga tereinkarnasi, namun sebagai… pahlawan.

Mungkin ini adalah rekomendasi komik yang hampir dekat dengan Fabiniku. karakter utama jadi perempuan yang cantik (ada); teman terdekatnya memiliki kekuatan/pahlawan (ada); tujuan utama mereka adalah untuk mengalahkan raja iblis; ya sudah hampir mirip dengan Fabiniku. Penggambarannya pun cukup bagus dan di antara rekomendasi saya, mungkin komik inilah yang saya pikir pas dengan selera saya. Hanya saja kekurangan dari komik ini cerita romcomnya tidak terasa atau bahkan hampa bagi saya. (Cakra Bhirawa, Media Sosial)

Samayoeru Tenseishatachi no Relive Game

© Kenji Saitou · Haruto Hino/Fujimi Shobo

Media: manga karya Kenji Saito (cerita) dan Haruto Hino (gambar).

Seorang pemuda bernama Manatsu Asai baru saja melamar seseorang, akan tetapi ia ditolak. Ketika ia pikir harinya tidak akan berubah menjadi buruk lagi, seketika muncul sosok ksatria yang berusaha membunuhnya. Dia diselamatkan oleh seorang perempuan cantik, namun merasakan iba dan ingin menyelamatkannya juga, sehingga Manatsu melindunginya dari sebuah serangan dan tewas. Dia berharap dapat bereinkarnasi di dunia di mana orang tidak akan menilai dirinya untuk membantu orang lain.

Dengan gambar yang cukup bagus dan penggambaran aksi pertarungan yang sangat baik, bagi kalian yang ingin mencari tema isekai gender bender yang cukup unik, maka komik ini dapat menjadi bahan rekomendasi bacaan kalian. Selain itu cukup banyak bumbu fanservice yang cukup baik (dan tidak terlalu aneh-aneh). Tapi lebih dari semua itu, saya pikir yang menarik dari komik ini adalah ceritanya. Sejauh ini komik inilah yang cukup saya rekomendasikan dari segi cerita. Setidaknya komik ini dapat memuaskan kalian dari semua sisi 😀 (Cakra Bhirawa, Media Sosial)

Yasei no Last Boss ga Arawareta!

© Firehead/Tsubasa Hazuki · Earth Star Entertainment

Media: novel karya Firehead (cerita) dan YahaKo (gambar); adaptasi manga oleh Tsubasa Hazuki.

Tokoh utama cerita ini adalah salah satu pemain top dalam MMORPG X-Gate Online dengan karakter bishoujonya, Ruphas. Setelah menaklukkan seluruh dunia dalam game tersebut, dia dan pemain-pemain top lainnya mengatur sebuah event di mana mereka memberontak melawan Ruphas dan mengalahkannya. Setelah menyelesaikan event tersebut, si tokoh utama menerima pesan misterius dari karakter dewi dari game tersebut yang menawarinya untuk mencoba “peran baru”. Ketika menerima tawaran tersebut, si tokoh utama terbangun dalam tubuh Ruphas di dunia yang seperti game yang dia mainkan, di mana sang mantan penguasa dunia baru saja di-summon kembali 200 tahun setelah kekalahannya.

Yasei no Last Boss ga Arawareta! adalah salah satu cerita isekai dengan model shoukan (summoned) dan bukannya tensei (reinkarnasi). Tanpa mengetahui mengapa dan bagaimana dia dipindahkan ke dunia tersebut dalam wujud karakter yang dimainkan olehnya dalam game, si tokoh utama mesti memainkan watak sebagai mantan penguasa dunia kepada para penghuni dunia tersebut. Dualisme identitas antara si tokoh utama dengan Ruphas dipertegas dengan adanya ingatan-ingatan kehidupan masa lalu Ruphas yang lebih detil dibandingkan apa yang dia ingat dari game yang dia mainkan. (Halimun Muhammad, The Indonesian Anime Times)

Log Horizon

© Mamare Touno · Kazuhiro Hara/Enterbrain

Media: novel karya Mamare Touno (cerita) dan Kazuhiro Hara (gambar); adaptasi manga oleh Kazuhiro Hara; adaptasi anime oleh Satelight (Season 1) dan Studio Deen (Season2 dan 3).

Shiroe adalah salah satu dari 30.000 pemain yang terperangkap dalam game Elder Tale. Untuk menemukan cara agar bisa kembali, dia menyelidiki apa yang terjadi pada dunia game itu bersama pemain-pemain lainnya yang bisa dipercaya dalam guild bernama Log Horizon.

Tokoh utama di cerita ini memang tidak berganti gender. Tapi salah satu anggota Log Horizon, Tetra, adalah pemain cowok dalam tubuh karakter perempuan yang dia mainkan sebagai avatar dalam gamenya. Dan tidak seperti Akatsuki, anggota Log Horizon lain yang kembali ke gender asalnya menggunakan suatu item dalam game yang bisa mengubah gender karakter, Tetra memilih untuk tetap menggunakan tubuhnya yang sekarang. Keberadaan Tetra bisa saja bukan merupakan satu-satunya pemain yang mengalami keadaan tersebut. (Dany Muhammad, The Indonesian Anime Times)

Youjo Senki: The Saga of Tanya the Evil

© Carlo Zen, KADOKAWA

Media: novel karya Carlo Zen (cerita) dan Shinobu Shinotsuki (gambar); adaptasi manga oleh Chika Tojo; adaptasi anime oleh NUT.

Di Jepang, seorang pegawai kantoran baru saja dibunuh oleh mantan bawahannya yang baru saja dia pecat. Setelah meninggal, dia bertemu dengan dewa. Pegawai kantoran tersebut mengungkapkan ketidakpercayaannya kepada konsep tuhan, memprotes apabila dewa benar-benar ada, seharusnya dia membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Sang dewa marah mendengarnya dan membuatnya terlahir kembali sebagai gadis kecil di dunia yang dilanda perang bernama Tanya Degurechaff. Awalnya, Tanya hanya ingin menjalani hidup damai. Namun kemampuan sihir dan efisiensinya menyebabkan dia terlibat di dalam perang.

Ada banyak yang bisa didiskusikan dari Youjo Senki, namun dari sisi gender bender-nya sendiri, Youjo Senki menjadi menarik karena memperlihatkan bagaimana sisi humanisme seseorang menghilang ketika mereka berada di medan perang dan hanya mementingkan hasil. Tanya sendiri merupakan seorang gadis kecil. Hal ini menyebabkan banyak pimpinan militernya merasa kasihan untuk menempatkannya di medan perang. Namun pada akhirnya, Tanya tetap dikirim karena dia sukses dan memberikan hasil. Agaknya Youjo Senki ingin memperlihatkan bahwa dunia modern kita saat ini tidak jauh berbeda dengan medan perang seperti perang dunia terdahulu, di mana sistem masyarakatnya menuntut kita untuk membuahkan hasil tanpa mempertimbangkan manusia-manusia yang hidup di dalamnya. (Dany Muhammad, The Indonesian Anime Times)

Yakuza Reincarnation (Ninkyou Tensei -Isekai no Yakuza Hime-)

© Hiroki Miyashita · Takeshi Natsuhara/Shogakukan

Media: manga karya Hiroki Miyashita dan Takeshi Natsuhara (konsep asli).

Seorang yakuza tua dikeroyok oleh geng pemuda yang berbuat onar di wilayahnya. Dia terlahir kembali sebagai seorang putri di dunia fantasi yang sedang dibawa pergi dari ibu kota untuk melindunginya dari pihak yang ingin menyingkirkannya. Tetapi dengan prinsip hidup ala yakuza dan kekuatan misterius yang dimilikinya, sang putri sekarang tak segan-segan menghadapi segala ancaman dari manusia, goblin, dan bahkan setan sekalipun.

Salah satu cerita isekai yang memang dibuat sebagai komik, dan bukannya novel yang kemudian diadaptasi menjadi komik. Style gambar Hiroki Miyashita cocok untuk menggambarkan kehidupan yang keras yang di dunia fantasi ini dan metode-metode ala yakuza yang digunakan oleh sang tokoh utama untuk bertahan hidup di dunia itu. Karena itu harap diperhatikan bahwa konten kekerasan dalam komik ini cukup berat. (Halimun Muhammad, The Indonesian Anime Times)

Bersambung ke halaman dua

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.