Kenja no Deshi o Nanoru Kenja atau She Professed Herself Pupil of the Wise Man atau Petapa Sihir yang Mengaku sebagai Murid Petapa Sihir atau Kendeshi merupakan anime yang dirilis sejak 12 Januari 2022. Publik di Indonesia bisa menyaksikan anime ini secara online melalui MUSE SG/Muse Indonesia. Yang menarik, anime ini sendiri juga turut ditayangkan dalam versi dubbing berbahasa Indonesia, di mana versi dubbing Indonesianya dirilis bersamaan dengan perilisan anime ini di setiap episodenya.

ATM Studio bertangggung jawab mendubbing anime Kenja no Deshi ke dalam bahasa Indonesia. ATM Studio sendiri juga merupakan pihak yang mendubbing Kimetsu no Yaiba dan Sabikui Bisco, yang juga sama-sama anime yang dilisensi oleh pihak Muse. Publik bisa menyaksikan Sabikui Bisco dalam versi bahasa Indonesia melalui layanan iQIYI dan Bstation, di mana episode-episode terbarunya dirilis setiap hari Selasa, di hari yang bersamaan dengan perilisan episode aslinya di Jepang. Berikut adalah para seiyu versi Indonesianya:

Mirna Haryati

Mirna Haryati sebagai Mira

Mirna Haryati yang menyuarakan Unyil dalam serial 3D Petualangan si Unyil ini mendubbing Mira, karakter “avatar” dari sang tokoh utama tatkala ia terhisap masuk ke dalam dunia Arch Earth Online. Mirna Haryati sendiri adalah seiyu yang pernah aktif menjadi seiyu di bawah naungan SCTV tatkala SCTV tengah aktif menayangkan film-film asing pada era 2000an, di antaranya adalah sejumlah serial Ultraman yang kerap kali ditayangkan di SCTV pada masa itu. Ia juga telah malang melintang menjadi seiyu di berbagai film karya lokal, di antaranya Angel DivesHijabearGrey & Jingga: The Twilight, hingga kakak perempuan Juki dalam Si Juki the Movie, maupun menjadi seiyu dalam gim buatan Indonesia, Ciel Fledge. Selain itu, ia juga salah seorang seiyu Indonesia yang pernah berperan sebagai Naruto selain Hana Bahagiana, Ridawati, dan Leni M Tarra, di mana peran Naruto dilakoninya tatkala anime tersebut disiarkan di saluran televisi berbayar Animax.

She Professed Herself Pupil of the Wise Man

Diah Sekartaji sebagai Luminaria dan Emera

Diah Sekartaji adalah nama seorang seiyu yang sudah tidak asing lagi. Ia memulai karirnya sedari muda dengan berperan sebagai Menik dalam serial Si Unyil yang legendaris, hingga namanya semakin mencuat ketika dirinya berperan dalam anime Sailor Moon di Indosiar pada tahun 1995 lalu. Selain itu masih banyak lagi film-film yang dikerjakan olehnya seperti Dragon Ball, Maria Belen, Vatalla sang Pelindung, The Lion King, Gintama, Spider-Man, Evangelion, Carcaptor Sakura, Cells at Work!, dan berbagai judul lainnya. Dalam Kenja no Deshi ia dipercaya untuk mendubbing Luminaria dan Emera.

Photo courtesy of Metrotvnews

Loecy Soesilo sebagai Solomon

Loecy Soesilo memulai debutnya sebagai seorang seiyu sejak tahun 1994. Awal pertemuannya dengan industri seiyu adalah saat ia membaca majalah mengenai bagaimana suara bisa “dijual”. Sejak itu ia mulai mencoba peruntungannya “menjual” suara dengan bergabung dengan Sanggar Prathivi. Saat ini ia terkenal sebagai seiyu Dorami dan Dekisugi dalam Doraemon. Seiyu Shinobu Kocho dan juga Aoi Kanzaki di Kimetsu no Yaiba ini dipercaya untuk mendubbing Solomon sang Raja Arkite.

kendeshi
nadialmira94

Nadia Almira Sagitta sebagai Mariana dan Frikka

Nadia Almira Sagita adalah seiyu yang masih cukup baru di ranah dunia pelaku suara Indonesia. Sebelumnya ia lebih banyak mengisi suara untuk program-program narasi seperti iklan SOS Antibacterial Wipes. Dalam anime Kenja no Deshi o Nanoru Kenja atau She Professed Herself Pupil of the Wise Man atau Petapa Sihir yang Mengaku sebagai Murid Petapa Sihir atau Kendeshi sendiri ia dipercayakan untuk mendubbing Mariana dan Frikka. Nadia sendiri juga aktif menulis di laman Medium.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.