Perbaikan Prasarana, Jalur Saikyo dan Shonan-Shinjuku Potong Relasi

0
Kereta jalur Saikyo. (Kevin W)

East Japan Railway Co. (JR East) selaku operator terbesar di wilayah Tokyo mengumumkan rencana perbaikan di area kendalinya. Perbaikan kali ini akan dilaksanakan di stasiun Shibuya, lebih tepatnya di peron jalur Saikyo. Oleh karena itu, JR East akan memotong relasi perjalanan kedua jalur yaitu jalur Saikyo dan jalur Shonan-Shinjuku.

Salah satu pusat perbaikan ini sendiri adalah pemanjangan peron untuk jalur Saikyo di Stasiun Shibuya. JR East akan menggeser posisi peron Jalur Saikyo sejauh 350m ke arah utara dari peron lamanya. Posisi peron yang baru ini nantinya akan sejajar dengan peron jalur Yamanote di stasiun Shibuya.

Denah layanan JR East yang akan ditutup selama perbaikan (East Japan Railway Co.)

Perbaikannya sendiri dilaksanakan selama 2 hari mulai Sabtu (30/5) sampai Minggu (31/5). Selama perbaikan ini, akan ada 4 stasiun yang terdampak pembangunan ini yaitu stasiun Shinjuku, stasiun Shibuya, stasiun Ebisu, dan stasiun Osaki. Pada stasiun Shinjuku dan stasiun Osaki, kedua stasiun ini tetap melayani perjalanan KA. Namun di stasiun Shibuya dan stasiun Ebisu, kedua stasiun ini tidak dapat melayani penumpang di kedua jalur tersebut. Apabila cuaca pada hari tersebut tidak bersahabat, maka perbaikan pun ditunda sampai Sabtu (4/7) hingga Minggu (5/7).

JR East pun telah mempersiapkan rekayasa di kedua jalur tersebut. Pada jalur Saikyo, kereta yang biasanya mengakhiri perjalanan di stasiun Osaki akan dipotong relasinya sampai Stasiun Shinjuku dan kembali ke arah Omiya. Sedangkan untuk layanan terusan menuju Sotetsu dan jalur Rinkai (TWR), KA akan mengakhiri perjalanannya hingga stasiun Osaki, kemudian berjalan kembali ke arah Sotetsu maupun TWR. Selama perbaikan ini, layanan terusan pun tidak akan beroperasi.

Advertisement Inline

Lalu untuk jalur Shonan-Shinjuku, layanan KA yang menuju ke Takasaki/Utsunomiya akan mengakhiri perjalanannya di stasiun Shinjuku dan kembali ke Takasaki/Utsunomiya. Untuk KA yang mengarah ke Yokosuka, keretanya akan mengakhiri perjalanan di stasiun Osaki dan kembali lagi ke Yokosuka.

Sebagai gantinya, JR East akan menambah perjalanan dari Jalur Yamanote untuk mengakomodasi penumpang di kedua jalur tersebut. Selain itu, JR East juga merekayasa dan membatalkan perjalanan KA ekspres seperti Narita Express (N’EX), Holiday Rapid View Yamanashi, Odoriko, dan Saphir Odoriko. Dengan tidak adanya operator lain di jalur tersebut juga membuat JR East tidak menyediakan tiket sekali pakai seperti perbaikan antara Stasiun Tamachi dan Stasiun Shinagawa lalu.

Baca Juga : Demi Stasiun Baru, Jalur Yamanote dan Keihin-Tohoku Potong Relasi

JR East memohon maaf atas ketidaknyamanannya dan memohon kepada penumpang untuk memahami kejadian ini.

Cemplus Newsline by KAORI | Press Release by JR East

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.