Idolm@ster Million Live yang merupakan salah satu komik dari serial Idolm@ster ini telah dirilis secara resmi di Indonesia melalui penerbit Elex Media Komputindo. Komik ini sendiri ditulis oleh Yuki Monji dan diterbitkan di Jepang untuk pertama kalinya pada tahun 2014.

Ulasan kali ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya yang menceritakan kisah perjalanan Tsubasa Ibuki dalam mengenali diri dan sekitarnya setelah ia gagal menjadi salah satu penari latar untuk idol yang ia kagumi di konser nasional. Kini kisah akan kembali lagi kepada Mirai Kasuga, Shizuka Mogami, dan Tsubasa Ibuki, di mana mereka tidak sabar untuk tampil di panggung besar bersama-sama.

Sinopsis

The Idolm@ster Million Live
© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo

Setelah melewati berbagai rintangan, Mirai Kasuga, Shizuka Mogami, dan Tsubasa Ibuki akhirnya dikabarkan akan digabungkan dalam sebuah unit baru. Kini mereka bertiga menyiapkan dirinya untuk tampill di panggung Idol Festival yang segera diadakan. Langkah pertama ini adalah sebuah loncatan demi masa depan yang cerah dan penuh harapan.

Akan tetapi, kabar tersebut tidak seperti yang mereka pikirkan, di mana tidak seluruh kenyataan tersebut sesuai dengan harapan mereka. Namun di waktu yang sarat akan potensi dan tantangan seperti inilah, akan lahir seorang sosok Mirai yang baru!

Advertisement Inline

Penceritaan Komik

The Idolm@ster Million Live
© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo
Melanjutkan kisah Mirai Kasuga sebagai idol bersama dengan teman idol lainnya seperti Shizuka Mogami dan Tsubasa Ibuki, kini penceritaan terasa lebih santai dan tidak sepanas volume kedua dan ketiga, di mana banyak sekali terjadi konflik antara idol. Namun pada volume keempat ini, konflik tersebut hampir tidak ada, selain kesalahpahaman dalam kabar pembentukan unit yang berisikan ketiga idol tersebut.
Namun bukan berarti kisahnya akan menjadi terlalu santai sekali, melainkan volume ini lebih menceritakan momen di mana para idol untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Baik dari cara berinteraksi dengan penggemar hingga menampilkan yang terbaik dalam konser. Menurut saya, arahan cerita di volume keempat ini adalah salah satu penceritaan yang seru di mana saya dapat melihat lebih dalam seperti apa idol berlatih, berinteraksi, dan menampilkan dirinya di depan para penggemar. Namun sayangnya, saya cukup kecewa karena pada volume keempat ini seketika Mirai, Shizuka, dan Tsubasa terlihat cukup dekat sekali. Padahal sebelumnya mereka bertiga jarang sekali bertemu khususnya Tsubasa, sehingga perkembangan karakter di sini terasa sangat cepat sekali.

Penggambaran Komik

© 2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo
Terlepas dari kisah yang cukup santai dan pengembangan karakter yang begitu cepat, satu hal yang saya sukai dari volume keempat The Idolm@ster Million Live ini adalah penggambaran momen setiap idol. Dengan sedikitnya konflik, penggambaran dapat terfokus pada momen-momen kecil seperti sesi meet and greet. Momen kecil tersebut cukup memberikan gambaran spesial bagi saya untuk lebih memahami peranan seorang idol bagi penggemarnya.

Kesimpulan

©2015 Yuki MONJI © Toshiyuki Kubota © BANDAI NAMCO Entertainment Inc., Elex Media Komputindo

Singkat kata, volume keempat The Idolm@ster Million Live ini cukup memberikan impresi yang baik terhadap kelanjutan perkembangan setiap idol menuju panggung yang lebih besar lagi. Akan tetapi saya pribadi cukup menyayangkan jika pada volume 1-3 terfokus pada induvidu Mirai, Shizuka, dan Tsubasa, kini volume keempat terfokus ketiganya. Namun sayangnya penceritaan akan ketiganya terasa sangat aneh, dalam seketika mereka bertiga sudah langsung akrab satu sama lainnya. Walau sudah ada beberapa adegan yang dijelaskan pada volume sebelumnya, namun saya merasa sedikit aneh saja seketika pertemanan mereka menjadi cukup dekat sekali.

Selepas dari itu, bagi #kaoreaders yang ingin membaca volume keempat The Idolm@ster Million Live ini sangat disarankan untuk membaca volume sebelumnya, bila sebelumnya volume ketiga dapat dibaca secara sendiri, dan volume 1-2 adalah volume yang berkelanjutan. Kini volume keempat berperan sebagai penyatu antara volume sebelumnya, namun disisi lain bila kalian memang sudah mengetahui latar dari Mirai, Shizuka, dan Tsubasa, maka saya pikir kalian bisa langsung membaca di volume keempat ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.