Dalam setiap TCG (Trading Card Game), apapun gimnya, kehadiran sebuah set atau ekspansi atau update terbaru menjadi momen untuk memperkenalkan gameplay baru melalui kartu-kartu baru kepada pemainnya. Begitu juga dengan Pokemon TCG versi bahasa Indonesia yang menghadirkan berbagai kartu Tag Team dalam set terbarunya yang berjudul, sangat eksplanatori, yaitu “Koleksi Tag Team”. Sebelumnya kami sudah sempat membahas mengenai Tag Team GX yang merupakan varian “lebih kuat” dari kartu Pokemon GX. Kali ini KAORI membahas mengenai Tag Team Supporter, varian kartu Supporter yang hadir dalam set ke-5 TCG ini.

Baca Juga: Berkenalan dengan Tag Team GX, Bintang Utama Set 5 Pokemon TCG Indonesia

Hadirnya Tag Team Supporter untuk Pokemon TCG bahasa Indonesia

Mekanisme Tag Team menjadi sajian utama dari set ke-5 Pokemon TCG bahasa Indonesia, di mana dalam set ini terdapat kartu Tag Team Pokemon GX dan Tag Team Supporter. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas sedikit bahwa kehadiran mekanisme Tag Team dimulai dari ekspansi Tag Bolt (dalam TCG versi bahasa Jepang) atau Team Up (dalam TCG versi bahasa Inggris) pada sekitar akhir 2018-awal 2019. Beberapa bulan kemudian, pihak The Pokemon Company mengumumkan inovasi gameplay terbarunya dengan merilis kartu Tag Team Supporter pertama kali dalam ekspansi Cosmic Eclipse (rilis bulan November 2019) di TCG versi bahasa Inggris atau Alter Genesis (rilis September 2019) di versi bahasa Jepang.

Untuk pemain Pokemon TCG versi bahasa Indonesia, kartu Tag Team Supporter ini sudah bisa langsung didapatkan dalam set ke-5. Bisa dibilang pemain versi bahasa Indonesia tidak perlu lagi menunggu berbulan-bulan untuk hadirnya Tag Team Supporter ini seperti pemain versi bahasa Inggris maupun Jepang. Setelah melihat seluruh daftar kartu yang ada dalam set-5 ini, memang terlihat bahwa Pokemon TCG versi bahasa Indonesia ini merangkum seluruh ekspansi yang rilis di tahun 2019 (dari Team Up/Tag Bolt hingga Cosmic Eclipse/Alter Genesis) dalam versi bahasa Inggris dan Jepang ke dalam satu set (secara teknis dua, karena terbagi menjadi set A dan B).

Berkenalan dengan Tag Team Supporter

Seperti halnya kartu Pokemon Tag Team GX yang menampilkan dua atau tiga Pokemon sekaligus dalam satu kartu, Tag Team Supporter juga menampilkan dua karakter Pokemon dalam satu kartu. Menariknya pasangan karakter yang dipilih dalam kartu Tag Team Supporter ini tidak hanya berasal dari karakter era generasi ke-7 (Sun & Moon, Ultra Sun & Ultra Moon) saja. Ada juga pasangan trainer dari generasi Pokemon terdahulu seperti Red & Blue serta Misty & Lorelei dari game generasi pertama.

Masih sama seperti kartu Pokemon Tag Team GX yang secara garis besar adalah varian “lebih kuat” dari kartu Pokemon GX, Tag Team Supporter juga bisa dikatakan sebagai varian “lebih kuat” dari kartu Supporter biasa (meski perlu dipahami bahwa “kuat” atau tidaknya sebuah Supporter dalam Pokemon TCG sangat subjektif tergantung build dan gameplay deck yang dimainkan). Masing-masing kartu Tag Team Supporter memiliki dua efek yang berbeda yang ditulis dalam dua paragraf terpisah untuk memudahkan pemain memahami bahwa kedua efek tersebut berbeda. Paragraf pertama dalam teks kartu Tag Team Supporter adalah efek utama, sedangkan paragraf kedua berisi efek yang bersifat opsional atau tambahan yang bisa dijalankan jika pemain membayar cost yang tertera untuk mengaktifkan efek tambahan tersebut.

Mari kita ambil contoh dari salah satu kartu Tag Team Supporter, yaitu Malo & Lana. Efek pertama dari kartu ini membuat pemain menukar Active Pokemon (Pokemon Bertarung) milik sendiri dengan Benched Pokemon (Pokemon Cadangan) yang juga milik sendiri tentunya. Efek kedua dari kartu ini adalah memulihkan HP Pokemon yang ditukar ke Cadangan (oleh efek pertama) sejumlah 120. Namun efek kedua ini baru bisa dijalankan jika pemain membayar cost tambahan, yaitu membuang 2 kartu dari pegangan tangan sendiri ke Trash. Adanya efek tambahan dengan cost tambahan ini terlihat agak mirip dengan cost energi tambahan yang ada pada kartu Pokemon Tag Team GX. Keberadaan dua efek ini terlihat sangat sesuai dengan hadirnya dua karakter dalam satu kartu Supporter ini.

Peraturan penggunaan Tag Team Supporter

Setelah mengenal sekilas tentang Tag Team Supporter, mari kita membahas lebih dalam mengenai bagaimana peraturan penggunaan tipe kartu baru ini. Hal pertama yang perlu dipahami adalah tipe dari kartu ini. Sudah jelas bahwa kartu ini termasuk ke dalam kartu Trainer berkategori Supporter di mana pemain hanya bisa menggunakan satu kartu Supporter pada giliran sendiri. Namun, kartu ini memiliki frame yang berbeda dari kartu Supporter biasanya, yaitu adanya tambahan frame kuning di pojok kiri atas dan kanan bawah dari kartu tersebut yang sama dengan kartu Pokemon Tag Team GX. Karena itulah kartu Tag Team Supporter juga memiliki tipe tambahan, yaitu sebagai kartu Tag Team. Maka dari itu kartu Tag Team Supporter ini bisa diambil dari deck dengan menggunakan kartu Tag Call.

pokemon tag team supporter

Selanjutnya mengenai peraturan dari dua efek yang ada dalam kartu Tag Team Supporter, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tipe kartu ini memiliki dua efek berbeda, di mana efek kedua menjadi efek yang bersifat opsional yang hanya bisa diaktifkan jika pemain membayar cost tambahan (berupa membuang sejumlah kartu tertentu dari tangan ke Trash). Dengan demikian saat menggunakan kartu Tag Team Supporter, pemain memilih apakah ingin mengaktifkan efek pertama saja, efek kedua saja (tergantung kartu yang digunakan) atau memakai keduanya. Mengenai efek kedua ini, perlu diingat bahwa membuang sejumlah kartu tertentu dari tangan merupakan bentuk cost yang hanya bisa dibayarkan jika pemain memiliki cost sesuai persyaratan tersebut dan hanya bisa dibayarkan jika pemain bisa secara legal menjalankan efek kedua dari kartu tersebut.

Mengenai hal ini sepertinya akan lebih mudah jika kita membahas masing-masing kartu Tag Team Supporter tersebut di halaman selanjutnya.

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.