Nantikanlah Film Pendek Diponegoro 1830

0
Pangeran Diponegoro
© Chulat Studio

Pangeran Diponegoro (1785 – 1855) adalah salah satu sosok Pahlawan Nasional yang cukup dikenal dan dihormati oleh segenap rakyat Indonesia. Kisah sejarahnya juga telah diadaptasi dalam sejumlah media popkultur seperti film hingga komik. Kini sejumlah animator tanah air yang bernaung di bawah Chulat Studio mencoba membuat film pendek dengan teknologi animasi 2D, yang diberi judul Diponegoro 1830. Tidak tanggung-tanggung, mereka juga menggandeng sejarahwan sekaliber Peter Carey yang sudah banyak meneliti tentang Pangeran Diponegoro dalam proses pembuatan film pendek ini.

Intip trailer filmnya berikut ini:

Sebagaimana judulnya, film pendek Diponegoro 1830 ini akan bersettingkan tahun 1830, di tahun berakhirnya Perang Diponegoro atau Perang Jawa (1825-1830). Dalam trailernya sendiri diperlihatkan adegan ketika Pangeran Diponegoro ditangkap oleh pihak Belanda, hingga diasingkan. Bahkan salah satu adegan di trailernya, merupakan interpretasi ulang dari lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro karya pelukis Raden Saleh.

Advertisement Inline

Belum ada informasi lebih lanjut kapan kiranya film pendek Diponegoro 1830 ini akan dirilis. Masih belum ada informasi lebih lanjut pula mengenai akan dirilis di platform apa film ini nantinya.

Sutradara
Gata Mahardika & Subiyanto

Produser
Subiyanto & Peter Carey

Penulis Skenario
Subiyanto & Peter Carey

Screenplay
Gata Mahardika

Editor
Subiyanto

Komposer Musik
Gardika Gigih

Instrumen Rebab & Gender
Nanang Bayu Aji

Sound Designer
Victor Praditya

Animator
Gata Mahardika
Muhammad Asyrafi
Raditya Satmanu
Iksan Wibowo
Yohanes Andi Setianto

Background Artist
Eka Apriliawan (RekaRupa Studio)
Aufalia Maula

Pengisi Suara
Jamaluddin Latif, Yudha Rena Mahanani, Banyu Bening, Faris Cholish, Muhammad Asyrafi

KAORI Newsline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.