BAGIKAN

gerdi wk

Melalui akun Facebooknya, komikus veteran Gerdi Wirata Kusuma atau yang lebih akrab dengan sebutah Gerdi WK telah mengumumkan bahwa dirinya tengah membuat proyek baru. Pada posting yang dipublikasikan baru-baru ini, nampak dirinya memasukkan gambar dari buku Nyai Dasima karya Rahmat Ali terbitan penerbit Grasindo yang mengindikasikan bahwa proyek terbaru Gerdi WK akan mengambil cerita dari cerita klasik Nyai Dasima.

gerdi

Advertisement Inline

Gerdi WK lahir di Ciamis 13 April 1953. Sebagai komikus Gerdi WK telah membidani 3 (tiga) tokoh superhero yang menjadi masterpiece di tahun 70-an, yaitu Gina, Santini dan Boda. Gina menjadi idola penggila komik disamping wajahnya yang cantik, juga super sakti dan seksi, yang berasal dari Kerajaan Turaba di Timur Tengah. Sedangkan Santini merupakan jelmaan dari Santi sekaligus jagoan khas Indonesia. Adapun mengenai tokoh Boda juga mirip dengan Gina berasal dari Timur Tengah hanya saja ia laki-laki yang gagah perkasa. Keunggulan Gerdi WK adalah kemampuan dalam menggambar postur tubuh wanita sangat detil dan indah.

10698665_10205136280746207_1761964012910467520_n

Bersama Ilustrator Muda Ian Rialdi

Selain itu, dirinya juga menjadi ilustrator dari beberapa buku cerita anak-anak. Penggemar Gerdi WK yang jeli pasti tahu bahwa dirinya selama beberapa waktu, pernah menjadi ilustrator komik strip Ceritera Dari Negeri Dongeng di majalah anak-anak Bobo, dengan tokoh-tokohnya Nirmala, bidadari cilik yg manis dan si Oki, kurcaci cilik yg nakal. Selain itu dirinya juga aktif di dunia ilustrasi maupun periklanan termasuk menjadi ilustrator cover dari beberapa judul komik. Adapun beberapa komik yang baru-baru ini dibuat olehnya adalah Komik Sirah mengenai kehidupan Nabi Muhammad SAW maupun komik dongeng Roro Mendut.

Adapun Nyai Dasima diambil dari sebuah buku karangan G. Francis (Gijsbert Francis a.ir) yang terbit pada tahun 1896, ditulis berdasarkan kisah nyata kehidupan seorang istri simpanan yang bernama Dasima, gadis dusun Kuripan, Bogor.

Masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai detail dari proyek baru ini mengenai format dari proyek baru ini, siapa penulis dan ilustratornya, maupun posisi Gerdi WK pada proyek baru yang detailnya masih dirahasiakan ini.

KAORI Newsline | Courtesy of Gerdi WK, Komik Tua & Indo Crop Cicles | Photo Courtesy of Gerdi WK, Henry Ismono, & Ian Rialdi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.