Sifat dan keinginan seseorang yang sesungguhnya dapat diketahui secara sederhana dengan tes psikologi! Tentunya tes ini juga akan menguji kedua jenius yang saling jatuh cinta ini. Karena sekali lagi aksi menyatakan cinta baik itu secara langsung ataupun tidak langsung tetap saja ungkapan cinta! Karena dalam sebuah hubungan hubungan pasti terdapat suatu “hubungan kekuasaan” yang jelas sekali! Siapa yang jatuh cinta lebih dahulu, maka dialah yang kalah dalam peperangan ini. Inilah Kaguya-sama wa Kokurasetai atau dikenali juga dengan Kaguya-sama: Love is War.

Komik Kaguya-sama: Love is War merupakan komik karya Aka Akasaka yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 dan diadaptasi menjadi anime pada tahun 2019 hingga musim keduanya. Musim ketiganya akan dirilis di tahun 2021. Seri ini juga telah diadaptasi menjadi film live action di tahun yang sama, di mana film terbarunya juga akan dirilis di tahun 2021 ini.

Di Indonesia sendiri komik volume keempat ini diterbitkan oleh M&C! pada tanggal 10 Maret 2021 lalu. Mari simak ulasan volume keempat dari komik Kaguya-sama: Love is War berikut ini!

Sinopsis

Kaguya-Sama Love Is War
© 2015 by Aka Akasaka/M&C!

Adik perempuan Miyuki Shirogane, yaitu Kei Shirogane berkunjung ke OSIS SMA Perguruan Shuuchi’in. Tentu saja Kaguya Shinomiya tidak mau melewatkan kesempatan untuk “akrab” dengan sang adik ini! Akan tetapi…

Penceritaan Komik – Awas “Salah” Arti

Kaguya-Sama Love Is War
© 2015 by Aka Akasaka/M&C!

Mengawali cerita dengan tes yang diberikan oleh Chika Fujiwara kepada para anggota OSIS SMA Perguruan Shuuchi’in, Chika menanyakan pertanyaan psikologi guna mengetahui kesukaan anggota OSIS itu sendiri (ya sekaligus iseng-iseng). Pada momen ini, pembaca langsung disajikan oleh perang strategi jawaban yang  tepat oleh Kaguya dan Miyuki agar tidak secara terus terangan menyatakan kecintaannya pada orang yang disukainya.

Volume keempat ini pembaca juga disajikan oleh Ibu “Chika” yang berusaha sekuat tenaga mendidik anaknya agar mahir dalam bernyanyi. Selain itu penceritaan volume ini lebih mengarah kepada sikap-sikap terpendam dalam diri Miyuki dan Kaguya itu sendiri. Hal ini didukung juga oleh momen spesial di mana Miyuki dapat secara langsung menjenguk Kaguya yang tengah demam akibat badai beberapa waktu lalu. Terakhir dalam volume ini juga pembaca akan dikenalkan dengan beberapa keluarga Shirogane seperti adiknya dan juga wajah ayah keluarga Shirogane.

Banyaknya perkembangan karakter dalam volume ini membuat volume ini adalah volume terbaik sejauh ini. Pembaca dapat lebih mengenali sifat-sifat karakter melalui interaksinya ataupun kolom trivia pada akhir komik ini.

Penggambaran Komik – Ekspresi yang Tidak Tergantikan

© 2015 by Aka Akasaka/M&C!

Banyak sekali gambar momen-momen yang tidak terlupakan dalam volume keempat ini. Salah satu momen yang saya kenang mungkin adalah muka Kaguya yang sedang sakit. Entah melihat muka Kaguya yang lebih malu-malu di sini membuat saya semakin menyukai Kaguya. Namun bukan berarti komuk muka seram ataupun pasrah dari Kaguya akan hilang begitu saja, komuknya juga kembali dihadirkan dengan baik untuk memenuhi tawa hari ini.

Kesimpulan

© 2015 by Aka Akasaka/M&C!

Bila 3 volume sebelumnya telah membuat saya tertawa akan ceritanya dan gambarannya, maka volume keempat ini akan berbeda. Di mana saya lebih merasa fuwa-fuwa ketika melihat interaksi Miyuki dan Kaguya, baik itu ketika akur dan juga tidak akur. Walau memang sedikit menurun hiburan tawa bagi saya dalam volume ini tapi saya sendiri merasa cukup senang akan interaksi Miyuki dan Kaguya.

Dibanderol dengan harga 45.000 Rupiah (untuk pulau Jawa). Sama seperti komik dalam rentang yang sama, memiliki kualitas yang sangat baik sehingga cukup nyaman dalam pembacaan komik ini terutama pada kontras hitamnya. Hasil cetaknya juga cukup konsisten sehingga tidak terlihat adanya warna pudar.

Berbeda dengan 3 volume sebelumnya, akhirnya saya tidak merasa perlu mengomentari akan penerjemahan di volume keempat ini. Penerjemahannya cukup konsisten dan sangat mudah dimengerti. Tidak ada bahasa yang rancu ataupun bahasa asing lainnya.

Tidak terasa 4 volume pada komik Kaguya-sama: Love is War telah memakan waktu selama 1 semester dan kini hadirlah liburan musim panas. Kembali lagi saya akan merekomendasikan komik ini bagi para penggemar seri ini, apalagi jika kalian ingin mengenali lebih dalam lagi karakter di sini. Karenanya panel tanya jawab dengan penulis Aka Akasaka hadir untuk memberikan trivia dan lawakan bagi para pembaca.

Baca juga:

Ulasan Komik Kaguya-Sama Love Is War Vol.1: Cinta itu Perang

Ulasan Komik Kaguya-Sama Love Is War Vol.2: Perang Informasi

Ulasan Komik Kaguya-Sama Love Is War Vol.3: Perang Batasan!

KAORI Newsline | Oleh Cakra Bhirawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.