Pengerjaan MRT Jakarta Fase 2A CP201 Kini Capai 16,56%

0
MRT Jakarta
Kesiapan MRT Jakarta jelang pengoperasiannya terus dilakukan | Foto: Kevin Wilyan

Pengerjaan MRT Jakarta Fase 2A kini semakin menunjukan progress-nya. Meskipun terganggu dengan pandemik COVID-19 yang sedang melanda, namun beberapa pekerjaan sedang dan tengah dilakukan oleh MRT Jakarta pada Fase 2 ini.

Fase 2 ini dibagi menjadi 2 seksi, yakni Fase 2A yang melayani Bundaran HI – Kota telah menujukkan progress yang signifikan. Untuk paket pertama CP201 pada rute Bundaran HI – Harmoni telah mencapai 16,56% per 25 Mei 2021. Perkerjaan yang meliputi Stasiun Thamrin yakni Pekerjaan D-Wall di stasiun Thamrin (4 panel / 170 panel), Guide wall di utara stasiun Thamrin, pekerjaan king post stasiun Thamrin, dan pembongkaran sheet pile drainase melintang di jalan Thamrin depan gedung Menara Topas dan Gedung Jaya. Sementara untuk Stasiun Monas meliputi pekerjaan guide wall, pekerjaan instalasi kingpost stasiun, dan penggalian TBM shaft sisi south-end station.

Sementara untuk paket CP202-205A yang berisi pembangunan rute Harmoni – Mangga Besar dan Railway System dari Bundaran HI – Mangga Besar sudah masuk ke dalam Evaluation and Contract Discussion Stage 2. Dan diperkirakan untuk Contract Signing dan Commencement Works pada Juli 2021.

Sementara untuk paket CP208 yakni Railway System dari Mangga Besar – Kota telah memasuki fase Call for Tender. Sementara untuk Contract Signing akan diperkirakan pada Januari/Februari 2022

Sementara itu untuk target penyelesaian Fase 2A akan ditargetkan pada Maret 2025 untuk CP201 dan sisanya akan ditargetkan rampung pada Agustus 2027. Hal ini mundur dari perkiraan awal yakni Maret 2024 dikarenakan pandemi COVID-19 yang melanda.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.