Umineko no Naku Koro ni adalah sebuah seri novel visual yang berjumlah delapan episode yang termasuk dalam seri When They Cry (Higurashi, Ciconia), yang merupakan trademark dari sebuah developer novel visual yaitu 07th Expansion. Dalam rentang tahun 2007 sampai tahun 2011, sudah rilis delapan episode untuk Umineko yang terbagi menjadi dua bab, yaitu Question Arc dan Answer Arc. Untuk empat episode pertama, dirilis menjadi kompilasi dengan judul yang sama dan dirilis pada 15 Oktober 2010. Dan empat episode berikutnya yang dikenal dengan Answer Arc dirilis menjadi kesatuan dengan nama Umineko no Naku Koro ni Chiru. Kedua versi ini dirilis kembali oleh Alchemist dengan judul yang berbeda untuk port PS3 dengan sprite karakter, ilustrasi CG, serta seiyu pun ditambahkan.

Kedua versi ini dikenal dengan Umineko no Naku Koro ni ~Majo to Suiri no Rondo~ dan Umineko no Naku Koro ni ~Shinjitsu to Gensou no Nocturne~, yang keduanya masing-masing dirilis pada 16 Desember 2010 dan 15 Desember 2011. Adaptasi anime dari Umineko dirilis pada 2 Juli 2009 hingga 24 Desember 2009 oleh studio DEEN sebanyak 26 episode dengan menceritakan empat episode awal Umineko.

Umineko juga tersedia untuk PSP yang tersedia untuk Question Arc, Apple IOS, PS4, hingga Switch. Edisi untuk PS4 dan Switch dirilis oleh Entergram pada 28 Januari 2021 lalu. Versi global dari Umineko juga tersedia pada laman Steam yang dirilis oleh Mangagamer. Selain itu, Umineko juga tersedia dalam versi komiknya dengan total 52 volume yang berlangsung sejak 22 Desember 2007 sampai dengan 22 Juni 2015 dengan beberpa komikus yang berbeda untuk setiap episodenya. Dan berikut ini adalah kedelapan episode dalam Umineko:

  • Legend of the Golden Witch – 17 Agustus 2007 (Comiket 72)
  • Turn of the Golden Witch – 31 Desember 2007 (Comiket 73)
  • Banquet of the Golden Witch – 16 Agustus 2008 (Comiket 74)
  • Alliance of the Golden Witch – 29 Desember 2008 (Comiket 75)
  • End of the Golden Witch – 15 Agustus 2009 (Comiket 76)
  • Dawn of the Golden Witch – 30 Desember 2009 (Comiket 77)
  • Requiem of the Golden Witch – 14 Agustus 2010 (Comiket 78)
  • Twilight of the Golden Witch – 31 Desember 2010 (Comiket 79)
Battler Ushiromiya (© 07th Expansion/Alchemist)

Umineko menceritakan sebuah kisah satu keluarga konglomerat besar yang bernama keluarga Ushiromiya. Pada tanggal 4 Oktober 1986, semua keluarga berkumpul untuk pertemuan tahunan dan membahas harta warisan karena sang kepala keluarga sekaligus orang tua dan kakek para karakter dalam Umineko ini divonis hidup tinggal tiga bulan. Sementara, seorang karakter yang menjadi fokus dari Umineko bernama Battler Ushiromiya akhirnya kembali ke pulau pribadi milik keluarga bernama Rokkenjima untuk mengikuti pertemuan tahunan itu, setelah Battler berpisah dari keluarga itu karena suatu alasan. Dan di balik hari itu, terjadi sebuah pembunuhan sadis yang konon katanya disebabkan oleh Beatrice, sang penyihir emas.

Cara penulisan Ryukishi07 tentu saja unik, melihat bagaimana Higurashi terjadi konsep imut dengan konsep horror. Sementara itu dalam Umineko, konsep imut ala Higurashi tidak terlalu terlihat melainkan unsur perlawanan antara logika dengan fantasi alias sihir menjadi sebuah hal yang sangat dinikmati dalam Umineko ini. Kalau bisa dikatakan setelah memainkan novel visual legendaris satu ini, yang dapat disimpulkan adalah Umineko bagaikan sebuah sinetron yang tayang di televisi kita.

Jessica Ushiromiya (© 07th Expansion/Alchemist)

Umineko tidak hanya membahas tentang pembunuhan dan perlawanan logika dengan fantasi. Tetapi, membahas banyak hal dalam novel visual ini, seperti hubungan ibu dan anak, harta warisan, perselingkuhan, sampai penderitaan karakter. Secara melihat kedelapan episode Umineko ini membahas konflik dan penyelesaian setiap karakter, terutama untuk karakter Battler dan Beatrice. Tapi jujur saja, setiap penyelesaian disajikan dengan menakjubkan. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya sangat kurang dijelaskan di novel visual namun hadir penjelasannya dalam versi komik. Yang bisa  dikatakan harus membaca versi komik untuk mengetahui beberapa hal yang kurang.

Konon katanya ini pelaku utama alias Beatrice (© 07th Expansion/Alchemist)

Kalau dikatakan novel visual ini adalah novel visual chuuni alias novel visual dengan unsur magis, bisa saya katakan iya dan tidak setelah menyelesaikan novel visual ini. Karena sebenarnya novel visual ini adalah kisah ilusi dan kenyataan, kisah hidup dan mati, sampai kisah benci dan sayang. Tentu saja dalam beberapa hal dijamin membuat para pemain menangis (termasuk saya) karena beberapa hal sangat bisa relatable untuk para pemain. Umineko pun juga menyertai beberapa referensi budaya yang tersirat kalau para pemain dapat menyadarinya. Dan karena Umineko memiliki unsur romansa, pada akhirnya saya menikmati kapal (baca: OTP) yang berlayar dalam cerita ini. Meskipun begitu, saya sempat ingin berkata kasar karena beberapa karakter membuat saya kesal dan tentu jadi memiliki rasa yang rumit kalau mengingat latar belakang beberapa karakter ini.

Tak hanya cerita, musik dalam Umineko pun dapat memuaskan para pemain karena musik dalam Umineko dikerjakan oleh banyak komposer namun karena gap di antara para musiknya cukup menarik, terlebih lagi unsur piano dalam BGM sampai musik yang meningkatkan hype ketika melihat scene logika melawan fantasi. Dan beberapa musik, sebenarnya cukup menegangkan yang sebenarnya cocok untuk menggambarkan suasana Rokkenjima yang penuh misteri kelam.

Karena waktu bermain novel visual ini sangat panjang yang cukup memakan waktu sampai kurangnya interaktif dalam novel visual ini menjadi poin kurang. Interaktif hanya terasa saat episode delapan alias episode final. Saya memainkan novel visual ini sampai selesai dalam waktu satu minggu lebih, dan ketika memasuki interaktif dalam episode delapan maka perlu memutar otak untuk dapat melanjutkan cerita (meskipun ada contekannya).

Banyak hal yang dapat dipetik dalam Umineko ini, yaitu adalah bahwa harta bukanlah suatu yang penting. Kasih sayang orang tua adalah harta yang paling berharga dan ketika sudah menemukan cinta jagalah mereka dan tak pernah melepaskan mereka, dan ingat bahwa keluarga adalah tempat berpulang untuk yang merindukan mereka.

P. S. Saya memiliki komentar mengenai desain karakter original dari Ryukishi07 dan biarlah para pembaca memahami apa yang saya maksud. q(≧▽≦q)

KAORI Nusantara | oleh Widya Indrawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.