Lebih dari tiga bulan berjalan sejak bulan Juli 2021, ajang kompetisi cosplay virtual terbesar tahun ini akhirnya tiba di gelaran puncaknya, SHOWTIME Cosplay Awards 2021 – Final Showdown! Pada pergelaran final ini, para juri telah menobatkan para Cosplayer pemenang dan Voters yang beruntung dalam acara yang disiarkan pada Minggu, 26 September 2021.

Fase demi fase dilalui para kontestan. Begitu pula periode voting sepanjang satu bulan penuh yang akhirnya telah tuntas melalui pemilihan Raja & Ratu Cosplayer favorit dari dua kategori, yaitu gim Aurora 7 dan Umum. Dampak dari pandemi Covid-19, proses penobatan juara SHOWTIME Cosplay Awards disiarkan secara live-streaming melalui Official Fanpage Showtime di Facebook.

“Kami melihat adanya kekosongan aktivitas bagi para Cosplayer yang seakan terkunci kreativitasnya di masa pandemi ini, apalagi koneksi mereka dengan para fans seakan terhalangi. Dari pemikiran itu, kami membuat platform Showtime sebagai media pemersatu komunitas Cosplay dengan seluruh fansnya,” ujar Nicholas Ivan, selaku Product Manager Showtime dari PT. 8 Elements. “Sebagai salah satu kontribusi nyata, kami menggelar SHOWTIME Cosplay Awards 2021 ini. Semoga event demikian bisa rutin ke depannya dan semakin besar.”

Acara live streaming, yang dipandu oleh Darius Drew dan Mindy, berlangsung lancar mulai dari tahapan Coswalk, video presentation, hingga akhirnya proses penilaian oleh juri yang akhirnya menetapkan 9 pemenang, yakni Juara 1-3 dari hasil voting untuk kategori Umum dan Game Aurora 7. Sementara tiga pemenang lain dipilih berdasarkan pilihan Dewan Juri (Judge’s Favorite, Most Original, Best Make Up).

Para Juri Yang Menilai Para Cosplayer di SHOWTIME Cosplay Award : Rian CYD, Ola Aphrodite dan Zee Liu

Pihak Showtime sendiri tidak sembarang untuk memilih juri yang bertugas menilai para kontestan SHOWTIME Cosplay Awards 2021 ini, karena ketiga sosok penilai ini masing-masing memiliki prestasi dan pencapaian besar di dunia Cosplay. Adapun Rian CYD yang merupakan cosplayer perwakilan Indonesia yang sudah memenangkan beberapa penghargaan internasional, antara lain di World Cosplay Summit (WCS) 2016. Kemudian Ola Aphrodite adalah seorang idola di kalangan Cosplayer yang kenyang pengalaman kompetisi di luar negeri. Yang terakhir ada Zee Liu, cosplayer yang aktif dan sudah lama bergelut di dunia cosplay, khususnya di Indonesia.

“Saya pribadi senang ada acara seperti Showtime Cosplay Awards, dan melihat antusiasnya para peserta kompetisi Cosplay yang ikutan event sih bagus banget ya. Jadi makin semangat hadir dan menjadi juri,” ungkap Zee Liu, salah satu anggota Dewan Juri di Showtime Cosplay Awards. “Sekilas banyak potensi dan bakat baru yang terlihat dari foto-fotonya di situs. Kreatif-kreatif pula. Sangat sulit memilih yang terbaik nih.”

Berikut adalah nama-nama pemenang di SHOWTIME COSPLAY AWARDS 2021:

Kategori Game Aurora 7

  • Juara Pertama: KJC (Batam)
  • Juara Kedua: Icetea (Batam)
  • Juara Ketiga: Zeya (Pontianak)

Kategori Umum

  • Juara Pertama: Le Le (Banten)
  • Juara Kedua: Kevin (Jambi)
  • Juara Ketiga: Aria (Jakarta)

Best Make Up: Lynn (Bogor)

Judge’s Favorite : Hoho (Semarang)

Kategori Most Original : Yuko (Jakarta)

Sebagai hiburan pelengkap, acara live stream Final Showdown juga mendatangkan bintang tamu dari teman-teman komunitas Showtime Hero yang tampil dengan performance cosplay Kamen Rider yang sangat memukau.

Cosplayer Kamen Rider dari Showtime Heroes

Sebagai penutup acara dari acara Showtime Cosplay Awards, diadakan pemutaran Fortune Wheel kepada para pendukung (Voters) yang sudah melakukan voting. Voters yang beruntung berhak mendapatkan hadiah-menarik, seperti kamera Fujifilm X-T20, smartphone Samsung A72, Xiaomi Note 10 Pro, dan juga kartu e-money special dari Showtime.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.