Anisong atau anime song adalah lagu yang biasa muncul ketika menonton anime. Terdiri dari lagu pembuka yang muncul sebelum anime dimulai dan lagu penutup yang muncul setelah anime selesai, terkadang ada juga lagu yang muncul di pertengahan anime yang disebut sebagai insert song. Namun, ada juga yang disebut sebagai image song atau character song, keduanya artinya sama. Bedanya image song biasanya untuk lagu yang dinyanyikan oleh satu unit, sedangkan character song khusus untuk lagu yang dinyanyikan oleh satu karakter. Jadi sudah berapa banyak kah lagu anisong yang #Kaoreaders dengar?

Lagu anisong biasanya dibuat khusus agar dijadikan sebagai lagu pengisi suatu anime. Namun ternyata, beberapa lagu anisong juga bisa merupakan bentuk cover dari lagu lain lho, seperti lagu – lagu J-Pop. Penasaran? Berikut beberapa lagu anisong yang merupakan cover dari lagu J-Pop!

1. Secret Base 〜Kimi ga Kureta Mono〜 (ED Anohana)

Lagu Secret Base 〜Kimi ga Kureta Mono〜 merupakan lagu yang aslinya dinyanyikan oleh ZONE. Dengan aransemen dan lirik oleh Norihiko Machida, lagu ini dirilis sebagai single ketiga mereka pada 8 Agustus 2001. Sebelum digunakan sebagai cover dari lagu penutup anime Anohana, lagu ini awalnya digunakan sebagai penutup drama televisi yang berjudul Kids War 3. Selama dirilis, lagu ini pernah menempati posisi kedua dalam Oricon Weekly Singles Chart. Kemudian pada tahun 2002, lagu ini menempati urutan kedelapan dalam ranking 10 lagu top nasional oleh JASRAC. Hingga pada tahun 2019, lagu ini mendapatkan sertifikat Triple Platinum oleh Japan Record Association.

2. Kimagure Romantic (ED1 Karakai Jouzu no Takagi-san)

Lagu Kimagure Romantic merupakan lagu yang aslinya diciptakan oleh Ikimonogakari. Dengan aransemen dan lirik oleh Mizuno Yoshiki, gitaris sekaligus leader band Ikimonogakari,  lagu ini dirilis sebagai single kedua belas mereka pada 3 Desember 2008. Sebelum digunakan sebagai cover dari lagu penutup anime Karakai Jouzu no Takagi-san, lagu ini awalnya digunakan sebagai penutup drama tevelisi yang berjudul Celeb to Binbou Taro. Sejarahnya lagu ini pernah menenpati posisi keempat dalam Oricon Weekly Singles Chart selama 11 minggu dengan penjualan CD sebanyak 46.937 kopi.

3. Your Voice (ED Kiniro Mosaic)

Lagu Your Voice merupakan lagu yang aslinya diciptakan oleh Nakatsuka Takeshi. Dengan aransemen dan lirik oleh sang komposer sendiri, dibantu dengan duet vokal oleh Asako Toki, lagu ini dirilis sebagai salah satu tracklist album ketiga sang komposer pada 25 Oktober, 2006. Kemudian dirilis ulang dalam bentuk EP pada 8 Desember 2006. Lagu ini sempat digunakan sebagai cover dari lagu penutup anime Kiniro Mosaic, namun kemudian sang komposer sendiri dihadirkan untuk menangani lagu penutup film anime Kiniro Mosaic: Thank You!! pada tahun 2021.

4. Love Song (ED Tada-kun wa Koi wo Shinai)

Lagu Love Song merupakan lagu yang aslinya dibawakan oleh Sambomaster. Dengan aransemen dan lirik oleh Yamaguchi Takashi sang vokalis band tersebut, lagu ini dirilis sebagai single ke-13 mereka pada 18 November 2009. Sejarahnya, lagu ini pernah menempati posisi ke-62 dalam Oricon Weekly Singles Chart. Menurut wawancara band tersebut, lagu ini diciptakan berasal dari keinginan sang vokalis untuk mengenang orang – orang telah tiada dalam hidupnya. Sebelumnya, lagu ini diberi judul “Soul Core” oleh sang Takashi. Namun, karena dia ingin komposisi liriknya terdengar indah, dia mengubah total judul sekaligus aransemennya menjadi seperti yang sekarang ini. Versi cover dari lagu ini kemudian dinyanyikan dalam lagu penutup anime Tada-kun wa Koi wo Shinai.

5. Kanade (ED Isshukan Friends)

Lagu Kanade merupakan lagu yang aslinya dibawakan oleh Sukima Switch. Dengan aransemen dan lirik oleh Oohashi Takuya dan Tokita Shintarou, dua anggota band Sukima Switch sendiri, lagu ini dirilis sebagai single kedua mereka pada 10 Maret 2004. Tak hanya digunakan sebagai cover dari lagu penutup anime Isshukan Friends, lagu ini juga digunakan sebagai cover dari lagu penutup anime Karakai Jouzu no Takagi-san 2. Sejarahnya, lagu ini pernah menempati posisi ke-22 dalam Oricon Weekly Singles Chart.

6. CRAZY GONNA CRAZY (Insert Song Episode 11 Anima Yell)

Lagu CRAZY GONNA CRAZY merupakan lagu yang aslinya dinyanyikan oleh TRF. Dengan aransemen dan lirik oleh Tetsuya Komuro, lagu dirilis sebagai single ke-8 band tersebut pada 1 Januari 1995. Sebelum digunakan sebagai cover dari insert song episode 11 anime Anima Yell, lagu ini awalnya digunakan sebagai theme song acara tevelisi yang berjudul Gaman Dekinai!. Selama dirilis, lagu ini pernah memuncaki tangga Oricon Weekly Singles Chart pada urutan pertama dan singlenya terjual sebanyak kurang lebih 11.4 juta kopi, bersamaan dengan lagu EZ DO DANCE.

Tak hanya dalam anime Anima Yell, lagu ini juga hadir dalam anime Pretty Rhythm: Rainbow Live sebagai cover dari lagu pembuka animenya, berkat kolaborasi franchise tersebut dengan Avex Pictures untuk merayakan ulang tahun ke-20 band TRF sebagai pencetus lagu ini. Selain hadir dalam anime Pretty Rhythm: Rainbow Live, lagu ini juga hadir dalam film spin-off nya yang berjudul King of Prism: Pride The Hero.

7. EZ DO DANCE (ED Pretty Rhythm: Rainbow Live)

Lagu EZ DO DANCE merupakan lagu yang aslinya juga dinyanyikan oleh TRF. Dengan aransemen dan lirik oleh Tetsuya Komuro, lagu dirilis sebagai single kedua band tersebut pada 21 Juni 1993. Sejarahnya, lagu ini menjadi terobosan hits populer band tersebut dengan menembus tangga Oricon Weekly Singles Chart pada urutan ke-15 dan single-nya terjual sebanyak 780 ribu kopi. Tak hanya itu, lagu ini dinobatkan sebagai salah satu lagu yang memperkenalkan masyarakat Jepang kepada dance music. Lagu ini juga telah mendapatkan penghargaan Music Video Award dalam perhelatan Japan Record Awards yang ke-35, dan telah ditampilkan dalam berbagai gim, seperti Dance Dance Revolution X2 dan Just Dance Wii U.

Lagu ini kemudian hadir dalam anime Pretty Rhythm: Rainbow Live sebagai cover dari lagu pembuka anime tersebut berkat kolaborasi franchise tersebut dengan Avex Pictures untuk merayakan ulang tahun ke-20 band TRF sebagai pencetus lagu ini. Selain hadir dalam anime Pretty Rhythm: Rainbow Live, lagu ini juga hadir dalam spin-off nya yang berjudul King of Prism.

8. Momoiro Kataomoi (ED Oshi ga Budokan Ittekuretara Shinu)

Lagu Momoiro Kataomoi merupakan lagu yang aslinya dinyanyikan oleh Aya Matsuura. Dengan aransemen dan lirik oleh Tsunku, lagu ini dirilis sebagai single kelima sang vokalis pada 6 Februari 2002. Sejarahnya, lagu ini merupakan single terlaris sang vokalis. Single ini terjual sebanyak 224.480 kopi dan tercatat menempati posisi ke-51 dalam Oricon Weekly Singles Chart pada tahun yang sama. Versi cover dari lagu ini kemudian dinyanyikan dalam lagu penutup anime Oshi ga Budokan Ittekuretara Shinu.

9. Kimi ni, Mune Kyun (ED Maria†Holic)

Lagu Kimi ni, Mune Kyun merupakan lagu yang aslinya diciptakan oleh grup elektronik legendaris Yellow Magic Orchestra (YMO). Dengan aransemen oleh YMO dan lirik oleh Takashi Matsumoto, lagu ini dirilis sebagai single ke-7 mereka pada 25 Maret 1983. Selama dirilis, lagu ini berhasil merajai tangga Oricon Weekly Singles Chart. Lewat lagu ini, YMO sempat memegang rekor sebagai satu-satunya grup beraliran techno yang berhasil menjadi jawara chart Oricon hingga akhirnya berhasil disusul dengan lagu Love The World milik Perfume pada tahun 2008. Versi cover dari lagu ini dinyanyikan dalam lagu penutup anime Maria†Holic.

10. Shanghai Honey (OP Taisou Samurai)

Lagu Shanghai Honey merupakan lagu yang aslinya dibawakan oleh ORANGE RANGE. Dengan aransemen dan lirik oleh band tersebut, lagu ini dirilis sebagai single kedua mereka pada 16 Juli 2003. Sejarahnya lagu ini pernah memuncak posisi kelima dalam Oricon Weekly Singles Chart dengan single-nya terjual sebanyak 240.831 kopi. Versi cover dari lagu ini kemudian dinyanyikan dalam lagu pembuka anime Taisou Samurai.

Artikel ini berlanjut ke halaman selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.