Komik Strip Cakrapolis Akan Diterbitkan Dalam Bentuk Cetak

3

cakrapolis

Cakrapolis. Sebuah komik Superhero yang selama ini beredar dalam bentuk komik strip akhirnya akan segera beredar dalam bentuk cetak.

Cakrapolis sebelumnya beredar sebagai komik strip pada koran Kompas. Dengan memadukan setting teknologi masa depan dan unsur tradisional Indonesia, pembaca dibawa kepada kota masa depan bernama CAKRAPOLIS yang terdapat pada dunia pararel berteknologi canggih dengan peradaban yang jauh lebih maju dari bumi. Dikisahkan, perang yang berkecamuk dalam kurun waktu 100 tahun terakhir membuat dunia pararel tersebut luluh lantak. Di mana alam tidak lagi dapat menunjang kehidupan manusia.

Penduduknya pun harus berjuang mempertahankan hidup karena senantiasa diburu oleh manusia mesin yang terdiri dari para android ganas – tujuannya: Mengalahkan manusia dalam perebutan sumber alam baru yang dipercaya dapat memperbaharui kehidupan dunia pararel tersebut. Kekuatan sumber alam ini dipercaya terdapat pada artifak peninggalan DEWA WISNU yang tercecer di salah satu kuadrant Dunia Pararel.

Advertisement Inline

Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu adalah dewa kehidupan yang menguasai kekuatan alam: Air, Angin, Api dan Tanah. Kekuatan artifact ini diyakini sungguh dahsyat, sehingga dapat memperbaharui semua sumber alam di Dunia Pararel. Perebutan artifak ini menjadi benang merah yang nantinya terus dikembangkan.

 

Dikisahkan sang tokoh utama CAKRA yang sebelumnya bernama BHRE OKALA adalah pilot tempur kota CAKRAPOLIS yang dikisahkan telah mati dalam sebuah kecelakaan. Ia hidup kembali setelah terkena pengaruh artifact peninggalan Dewa Wisnu, dan akibatnya, memiliki sejumlah kekuatan yang tersalur dari benda tersebut. Berarti, ia hanya memiliki “cipratan” dari kesaktian Dewa Wisnu – Ia sama sekali bukan penjelmaan dari Dewa Wisnu ataupun utusannya.

Setelah mendapatkan kekuatannya, BHRE OKALA masih harus bertarung menghadapi musuh-musuhnya yang terkena cipratan artifact lebih banyak. Dan pada satu perkelahian, ia terlempar ke dimensi lain, yaitu Bumi. OKALA menderita Amnesia dan hanya dapat mengingat kata CAKRAPOLIS yang merupakan tempat kelahirannya – Sejak itu, orang lebih mengenalnya dengan sebutan CAKRA. Bagaimanakah petualangan CAKRA selanjutnya? Temukan jawabannya pada komik Cakrapolis.

Komik Cakrapolis dibuat oleh Andris Halim bekerjasama dengan Virgo dan Adrian Arman selaku pewarna dan ilustrasi dibuat oleh salah seorang komikus veteran Bertie Sompie alias Canser.

Canser

Canser sang legenda

Memulai karyanya sebagai komikus dengan karya “The Ringkitan Tragedy” pada tahun 1967, belakangan Canser lebih dikenal dengan karya monumentalnya, sesosok Superhero bernama Kawa Hijau yang dirilis pada tahun 1968. Diinspirasi dari Spiderman karya Marvel Comics, Kawa Hijau menjadi salah satu tokoh superhero yang mewarnai jagad komik Indonesia pada era 1960 dan 1970.

Di luar aktivitas sebagai komikus, Canser juga aktif sebagai sebagai fotografer profesional, di antaranya untuk Lancome dan Yamaha. Dirinya juga aktif sebagai gitaris.

KAORI Newsline | Courtesy of Andris Halim & Cakrapolis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.