Metha Studio Akan Menerbitkan Ulang 2 Komik Medan Klasik, Pak Kikir dan Pendekar Tanpa Nama

0
pendekar tanpa nama

Metha Studio, penerbit komik asal Yogyakarta ini akan menerbitkan kembali 2 komik klasik dari 2 maestro era komik Medan, Pak Kikir karya Taguan Hardjo dan Pendekar Tanpa Nama karta Troy T.S. Masih belum ada informasi lebih lanjut kapan kiranya kedua komik tersebut akan diterbitkan ulang. Dan belum jelas pula seri mana dari komik Pendekar Tanpa Nama yang akan diterbitkan, mengingat komik tersebut memang hadir dalam beberapa seri.

Pak Kikir adalah komik yang ditulis oleh Taguan Hardjo sekitar tahun 1960. Komik ini adalah sebuhah komik jenaka tentang seorang bapak-bapak yang terkenal kikir. Adapun Pendekar Tanpa Nama adalah komik laga karya Troy T.S., dan berkisah mengenai seorang pendekar tanpa identitas yang asal usulnya tidak jelas, namun terbuang dari masyarakat.

Era Komik Medan adalah sebuah era yang cukup khas dalam sejarah perkomikan di Indonesia. Tersebutlah kota Medan yang merupakan ibukota dari provinsi Sumatra Utara tersebut pernah turut mewarnai sejarah perkomikan Indonesia di masa lalu dengan ciri khasnya tersendiri. Oleh banyak peneliti dan kolektor, Komik medan atau “Cergam Medan” dianggap aliran tersendiri yang khas dalam sejarah komik dan novel grafis Indonesia. Dalam rentang kurang lebih satu dekade, utamanya 1955-1965, aliran ini menghasilkan karya2 komik yang khas, dengan melahirkan komikus-komikus seperti Bahzar, Taguan Hardjo, Zam Nuldyn, dan banyak lagi. Para komikus ini mengeksplorasi aneka genre dan mencapai batas terjauh keterampilan narasi visual.

Saat ini Cakrapolis Universe bersama dengan Metha Studio tengah bekerjasama untuk mencoba mengelola IP-IP dari komik-komik Medan tersebut secara modern untuk bisa diterbitkan kembali, maupun dikembangkan lebih lanjut di zaman modern ini.

KAORI Newsline | Courtesy of Akhmad Makhfat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.