Mei, KCJ Luncurkan Aplikasi Smartphone KRL Baru

0

photo267366713974173208PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan tim riset Universitas Indonesia bekerja sama mengembangkan aplikasi smartphone. Aplikasi smartphone ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna kereta rel listrik (KRL) Commuter Line dalam mendapatkan informasi. Tim peneliti ini beranggotakan tiga orang, yaitu Dr. Nadia Yovani, S.Sos, M.Si, Himawan Pratama, M.Si dan Tridianto Subagio, S.Kom.

Dalam seminar yang diselenggarakan di Pusat Studi Jepang UI pada 21 April, tim riset menginformasikan bahwa aplikasi mobile ini masih dalam perbaikan dan pengerjaan. Aplikasi ini baru bisa dinikmati oleh pengguna sistem operasi Android. Untuk sistem operasi iOS dan Windows Phone akan menyusul.

Para pengguna KRL Commuter Line dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik-baiknya. Aplikasi ini menampilkan tentang informasi jadwal dan perjalanan KRL. Pengguna KRL juga bisa berlangganan informasi yang selalu di-update oleh pihak KCJ, termasuk masalah gangguan perjalan KRL. Dengan fitur tersebut, pengguna aplikasi ini tidak perlu lagi repot-repot untuk membuka aplikasi hanya untuk mendapatkan informasi.

Selain informasi, para pengguna KRL juga dapat menyampaikan keluhan melalui aplikasi ini. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan media sosial yang dimiliki KCJ seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Advertisement Inline

Ketika ditanya mengenai rilis aplikasi ini, Tridianto Subagio, S. Kom., pemimpin tim pengembang aplikasi ini merencanakan bahwa aplikasi ini akan rilis pada Mei 2015, namun hal tersebut menunggu kesiapan PT. KCJ.

Sebagai informasi, saat ini KCJ memiliki aplikasi smartphone bernama Info KRL. Fitur yang ada di aplikasi Info KRL hanya sebatas informasi Real Time seperti jadwal dan posisi KRL dan hanya tersedia untuk platform Android. Program Info KRL bisa diunduh di Play Store.

KAORI Newsline | oleh Fasubkhanali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.