Kesan Pertama: Chaos Dragon

0

chaos dragon

Salah satu seri anime yang meramaikan penayangan seri anime untuk musim panas adalah Chaos Dragon. Seri anime ini merupakan bagian dari proyek cross-media yang bernama Red Dragon Project. Dalam proyek ini, akan ada beberapa media yang diproduksi yakni sebuah seri anime, permainan untuk ponsel, serta sebuah story telling Board Game.

Advertisement Inline

Berbicara mengenai seri anime adaptasi, umumnya sebuah seri anime diadaptasi dari media komik, maupun sebuah novel. Namun Chaos Dragon merupakan sebuah seri anime yang diadaptasi dari media yang jarang diangkat kedalam sebuah anime, yakni sebuah sesi permainan TRPG (Tabletop Role-Playing Games). Bagi anda yang tidak familiar dengan apa itu TRPG, TRPG adalah sebuah permainan Tabletop dimana para pemain akan menjalani petualangan yang dipandu oleh seorang Gamemaster sebagai pembawa cerita. Dalam game ini, masing-masing pemain akan menjalani petualangan dengan saling berinteraksi dan saling melempar dadu untuk menentukan berbagai hasil yang ada. Beberapa permainan TRPG yang cukup populer adalah Dungeons and Dragons, Pathfinders, Call of Cthulhu serta Shadowrun.

chaos dragon cover

Kisah yang diadaptasi dalam seri anime Chaos Dragon ini merupakan kisah yang dijalani dalam sebuah sesi yang berlangsung selama 6 hari. Sesi permainan TRPG ini dimainkan oleh beberapa tokoh ternama seperti Gen Urobuchi, Nasu Kinoko, Izuki Kougyoku, Shimadoriru, serta Ryogo Narita. Dalam sesi yang berlangsung selama 6 hari ini, petualangan dipandu oleh Makoto Sanda sebagai seorang Game Master. Meski dimainkan oleh beberapa penulis naskah ternama, namun dalam sebuah TRPG, cerita secara umum akan dibawakan sesuai dengan tutur cerita dan interaksi sang Game Master.

Sesi permainan TRPG ini diadaptasi menjadi seri anime oleh studio Silverlink/Connect dengan Masato Matsune sebagai sutradara. Series composition pada seri anime ini ditangani oleh Shou Aikawa serta Ukyou Kodachi. Beberapa pengisi suara yang terlibat dalam seri anime ini diantaranya adalah Marina Inoue (Ibuki), Miyuki Sawashiro (Eiha), Houchu Otsuka (Red Dragon), Maaya Uchida (Ro Chenfa), dan Unshou Ishizuka (Kagraba).

Menjalani sebuah sesi selama 6 hari, bisa dibilang sebagai sebuah sesi TRPG itu merupakan sebuah petualangan yang tidak terlalu panjang, karena umumnya sebuah sesi TRPG bisa berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan tergantung cerita apa yang dibawakan. Seri anime Chaos Dragon ini mengisahkan sebuah negara bernama Nil Kamui yang kekuasaannya digerogoti oleh dua negara besar, yakni Kouran dan Donatia. Ditengah tekanan dari kedua pihak tersebut, sang naga merah yang menjadi pelindung Nil Kamui justru menghilang entah kemana. Tak lama kemudian, kedaulatan Nil Kamui sebagai sebuah negara pun berhasil direnggut. Namun suatu saat, sang naga merah kembali dan membuat kekacauan. Untuk menghentikan amukan dan amarah dari naga merah tersebut, pihak Kouran, Donatia, serta Nil Kamui mengirim pasukan ekspedisi untuk mencari sosok sang naga merah.

chaosdragon1

Ibuki (karakter yang dimainkan Shimadoriru) merupakan seorang pemuda pewaris tahta dari kerajaan Nil Kamui. Meski merupakan pewaris tahta, namun akibat kedaulatan Nil Kamui sudah hilang, ia menjalani hari seperti anak-anak pada umumnya. Suatu hari ketika ia dan temannya, Mashiro tengah pergi kepasar, pasukan Kouran datang menghampiri dan membuat kekacauan. Ditengah ancaman dari pihak Kouran tersebut, artifak berupa mata naga yang dibawa oleh Kouran datang menghampiri Ibuki dan menyatu dengan dirinya. Geram karena artifaknya diambil, Kouran pun mengejar Ibuki, ditengah kejaran tersebut, Ibuki pun membuat kontrak dengan naga merah karena mata naga telah terpasang pada dirinya. Akibat kontrak tersebut, Ibuki pun memperoleh kekuatan luar biasa, namun kekuatan tersebut harus dibayar dengan satu nyawa dari orang terdekat Ibuki. Mashiro pun menjadi sesembahan pertama untuk naga merah saat Ibuki pertama kali menggunakan kekuatannya. Meski berhasil mengalahkan pasukan Kouran, namun Ibuki merasa menyesal karena membunuh teman terdekatnya demi memakai kekuatannya. Oleh karena itu, Ibuki pun bergabung bersama tim ekspedisi naga merah yang terdiri dari para utusan Kouran dan Donatia.

chaos dragon 1

chaos dragon 2

Dalam episode perdana seri anime ini, alur cerita yang dibawakan cukup bertumpuk dan sangat sulit diikuti sebagai sebuah episode prolog. Pengenalan universe yang ada pada episode pertama dikemas dengan kurang terlalu jelas sehingga proporsi cerita di episode pertama cukup berantakan. Meski demikian, mulai episode 2 dan 3, cerita mulai dibawakan dengan alur biasa dan perlahan pengenalan universe mulai dengan mudah dicerna untuk dipahami.

Jika anda ingin mencari seri anime fantasi untuk musim ini, maka Chaos Dragon tepat menjadi alternatif karena muatan fantasi sangat kental pada seri anime ini. Mulai dari adanya sosok seekor naga yang mengamuk, hingga adanya ras manusia yang menyatu dengan monster, Chaos Draogn menawarkan universe fantasi yang menarik untuk diikuti. Meski demikian bagi yang kurang terlalu suka genre fantasi, banyaknya istilah-istilah fantasi di seri anime ini mungkin akan menyulitkan anda mengikuti jalannya cerita yang sudah sedikit sulit untuk diikuti.

chaos dragon

chaos dragon 4

chaos dragon 3

Diadaptasi dari sebuah sesi TRPG, bagi yang sudah terbiasa dengan TRPG akan merasakan kentalnya unsur permainan tersebut pada seri anime ini. Mulai dari exploring action, hingga encounter dengan musuh pada seri anime ini tampil dengan cukup khas. Berbicara mengenai aksi, 3 episode awal seri anime ini masih belum menampilkan aksi yang cukup wah meskipun seri anime ini merupakan seri anime aksi-fantasi.

Sekilas, meski diadaptasi dari sebuah TRPG namun Chaos Dragon tidak ada bedanya dengan seri anime fantasi lainnya. Secara cerita dan pengenalan para karakter selama 3 episode ini masih belum membawakan titik terang yang jelas. Masih belum ada hal yang cukup spesial pada seri anime ini, namun melihat besarnya potensi pengembangan universe yang ada, bisa saja anime ini menjadi tayangan yang menarik, namun bisa saja hanya menjadi satu lagi anime fantasi biasa. Tinggal ditunggu saja akan jadi seperti apa storytelling boardgame dari Red Dragon Project ini nantinya.

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.