BAGIKAN

ockto baringbing

Perhelatan Popcon Asia 2015 atau Popular Culture Convention, sebuah festival terbesar di Asia untuk konten terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film, dan animasi dari kreator lokal dan Internasional. Popcon Asia bertujuan mengembangkan hak kekayaan intelektual para kreator Indonesia, dan mempromosikannya ke dunia. Pada tahun 2015 ini, Popcon akan diselenggarakan untuk yang keempat kalinya pada Jumat-Minggu, 7-9 Agustus 2015 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan.

Berbagai komikus lokal kenamaan Indonesia akan hadir pada perhelatan Popcon ASIA, salah satunya Ockto Baringbing. Komikus Galau Man yang diserialisasikan di majalah re:ON comics menjadi salah satu komikus papan atas dalam negeri yang akan meramaikan perhelatan Popcon Asia 2015. Kreator Galauman ini akan membawa banyak judul baru di antaranya “101 Kesalahan di Balik Berita” mengisahkan kejadian konyol saat proses produksi berita, cerita superhero Jamu S.A.K.T.I, dan komik sejarah kerajaan kuno di Indonesia yang dikemas secara epik.

Advertisement Inline

Ockto Baringbing kelahiran Batak tulen. Saat ini bekerja pada salah satu televisi swasta di Jakarta dan tetap bercita-cita untuk dapat menjadi bagian dari kebangkitan kembali komik Indonesia. Mengawali kegemaran dengan menggambar komiknya sendiri, ia kini memutuskan untuk fokus menjadi penulis komik dan bekerja sama dalam team. Debut komik profesionalnya bersama Seta dan Bayu (kostkomik) adalah B.O.C.A.H (MnC Koloni, 2 edisi) yang kemudian lolos seleksi kompetisi komik internasional yang diadakan Kodansha, Jepang. Kemudian menerbitkan serial MERDEKA, yang sempat terbit terbatas di bawah label orange publishing (terbit ulang ulang sampai 2 buku bersama Koloni).

Kemudian bersama Matto (Lesehan Studio, Jogja) membuat komik 5 Menit Sebelum Tayang yang terbit online di makko.co, komik ini meraih Silver Prize Award di ajang 6th International Manga Award. Kini bersama Ino membuat serial komik Galauman yang terbit di majalah komik re:ON.

Jangan lupa temui Ockto Baringbing di Popcon Asia 2015!

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.