Ika Zidane: Meneruskan Jejak Sang Kakak Menjadi Seiyuu Doraemon

0

doraemon

Ika Zidane (kiri) dan Anita Riyadi (kanan)

Setelah sebelumnya dirumorkan bahwa Movie Doraemon bertajuk Stand By Me Doraemon yang tayang di RCTI hadir dengan Seiyuu yang berbeda dibandingkan dengan versi regulernya, kini rumor tersebut terjawab sudah bahwa Movie yang memulai debutnya di RCTI pada Selasa 25 Agustus 2015 pukul 16.00 WIB ini memang hadir dengan jajaran Seiyuu yang berbeda.

Salah satu hal yang menarik adalah bahwa dalam Stand By Me, Doraemon yang versi regulernya diperankan oleh Nurhasanah Iskandar khusus untuk Stand By Me diperankan oleh Ika Zidane. Ika Zidane sendiri adalah adik dari Anita Riyadi yang merupakan Seiyuu Doraemon pertama di Indonesia.

Advertisement Inline

Memulai debutnya sebagai Seiyuu pada tahun 1996, Ika Zidane adalah Seiyuu yang menimba ilmunya di Sanggar Prathivi dan cukup banyak menempuh karirnya sebagai Seiyuu di Indosiar. Beberapa peran yang pernah dimainkannya adalah sebagai Sora dan Togemon pada Digimon Adventure, Hikari pada Digimon Adventure 02, Renamon pada Digimon Tamers, dan masih banyak lagi peran yang pernah dimainkannya.

Stand By Me adalah Movie Doraemon dirilis tahun ini di Jepang dan merupakan Movie Doraemon pertama yang dibuat dengan teknologi 3D. Dirils pada tahun 2014 lalu, Movie ini sempat diputar di Indonesia melalui jaringan bioskop BlitzmegaplexCinemaxx, dan Platinum Cineplex. Adapun Movie terbaru Doraemon yang bertajuk Doraemon: Nobita and the Space Heroes juga akan segera diputar di Indonesia pada bulan Juli mendatang.

Doraemon diangkat dari serial komik karangan Fujiko F. Fujio. Bercerita mengenai sosok robot kucing dari masa depan bernama sama yang membantu kehidupan seorang bocah bernama Nobita yang selalu dirundung masalah dengan bantuan alat-alat ajaib milik sang robot. Animenya diproduksi oleh Shin-Ei Animation Co., Ltd dengan distribusi di Jepang oleh Toho Co., Ltd.

Di Indonesia sendiri Doraemon diedarkan atas lisensi dari PT Perdana IMMG Indonesia dan Animation International Indonesia. Komiknya oleh penerbit Elex Media Komputindo dan telah diterbitkan sejak awal dekade 1990an bersamaan dengan masuknya banyak serial-serial komik Jepang ke pasaran Indonesia dan serial Animasinya sendiri ditayangkan di waktu yang hampir bersamaan oleh stasiun TV RCTI dengan hak siar pada saat itu dimiliki oleh PT Hikmah & Chusen. Kini Animenya ditayangkan setiap hari Minggu pukul 08.00 WIB di stasiun televisi RCTI.

Simak ulasan Stand by Me Doraemon pada ulasan KAORI melalui tautan berikut ini.

Kenali lebih jauh Seiyuu Stand By Me lainnya pada tautan berikut ini.

KAORI Newsline | Photo Courtesy of Asdi Suhastra & Koleksi Pribadi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.