JR Central Kembali Memesan Shinkansen N700A

0
Petugas sedang bersiap berdinas kereta cepat Shinkansen seri 700 di stasiun Shin-Osaka. (Kevin W)
Shinkansen seri 700 | Foto Oleh: Kevin Wilyan
Shinkansen seri 700 | Foto Oleh: Kevin Wilyan

Central Japan Railway Company (JR Central) kembali memesan 20 set Shinkansen seri N700A. Seperti yang dilansir Railjournal, hal tersebut telah dikonfirmasi pada tanggal 22 Oktober 2015. Shinkansen seri N700A itu akan menggantikan Shinkansen seri 700 yang kini sudah mendekati masa akhir dinasnya.

Shinkansen tersebut akan dikirim secara bertahap. Rencananya, Shinkansen seri N700A mulai dikirim pada tahun 2016 sebanyak satu set, tujuh set pada 2017, tujuh set pada 2018 dan lima set terakhir pada tahun 2019.

Shinkansen seri N700A memiliki bentuk yang mirip dengan seri N700. Bedanya, pada seri N700A telah dilakukan banyak perbaikan teknis. Pencahayaan LED yang lebih hemat energi, pendeteksi getaran bogie, perbaikan sistem ATC dan peningkatan kualitas rem cakram yang mampu mengurangi jarak pengereman hingga 10% merupakan kelebihan dari seri N700A yang tidak terdapat di seri N700. Panel peredam suara yang hanya ada di Green Car seri N700 kini telah digunakan di 16 kereta pada rangkaian seri N700A.

Pada tahun 2013, JR Central mulai melakukan perbaikan dari seri N700As ke seri N700s dan beberapa kereta dari seri N700 juga akan dilakukan perbaikan yang sama. JR Central menyebutkan total investasi perbaikan N700s dan membeli Shinkansen seri N700As sebanyak ¥104 Milyar atau sekitar Rp 11,8 Triliyun.

Shinkansen seri N700A tetap mempertahankan sistem tilting yang sebelumnya telah ada pada seri N700. Sistem ini memungkinkan Shinkansen melaju dengan kecepatan 285 km/jam di jalur Tokaido dan 300 km/jam di jalur Sanyo.

Seri N700A juga memiliki sistem pengontrol kecepatan dan mampu mengetahui data gradien serta lengkungan dari pemancar lintasan yang dipasang di sepanjang jalur Tokaido. Sistem ini membuat Shinkansen secara otomatis menyesuaikan output daya dengan karateristik infrastruktur dari jalur yang dilalui.

Shinkansen seri N700A mulai beroperasi pada Februari 2013, menggantikan seri 700s yang beroperasi di jalur Tokyo – Osaka. JR Central menyebutkan konsumsi energi pada N700A lebih rendah 19% daripada di seri 700.

JR Central membeli 91 set Shinkansen seri 700 sejak tahun 1997 hingga 2006 dimana 70 set diantaranya masih digunakan dan akan terus berkurang yang lambat laun akan digantikan Shinkansen seri N700As.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses