BAGIKAN
Batu yang berada di tengah rel

Siang ini (17/11), jalur KA perintis Solo-Wonogiri diduga disabotase dengan ditemukannya tumpukan batu yang ditumpuk di tengah rel. Peristiwa ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 10.33 WIB, saat itu Railbus yang dikemudikan oleh masinis Heri dan asisten masinis Anwar tengah melaju menuju Wonogiri dengan kecepatan rendah. Ketika berada di antara stasiun Solo Kota dan Sukoharjo masinis melihat ada tumpukan batu berukuran sedang berada di tengah rel. Beruntung, kereta melaju dengan kecepatan rendah sehingga mudah dihentikan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Batu yang berada di tengah rel
Railbus berhenti sebelum tumpukan batu yang diduga bentuk aksi sabotase terhadap perjalanan KA

Akibat kejadian ini, perjalanan Railbus Batara Kresna mengalami keterlambatan dari jadwal perjalanan seharusnya. Sementara di saat yang bersamaan, tumpukan batu tersebut disingkirkan ke tepian rel agar jalur KA terbebas dari rintangan dan hambatan agar Railbus dapat kembali melanjutkan perjalanan. Tak lama setelah kejadiannya, peristiwa ini juga sudah dilaporkan ke pihak yang terkait untuk dilakukan pengusutan hingga tuntas, terlebih mengingat tindakan ini merupakan bentuk kriminal yang dapat membahayakan nyawa orang banyak.

Beragam aksi yang mengganggu perjalanan Railbus kerap kali terjadi di Solo, terutama sepanjang jalan Slamet Riyadi dimana jalur KA bersinggungan dan menjadi bagian dari jalan umum yang ramai dilintasi kendaraan bermotor. Sebelumnya pada bulan Juni, jalur ini juga sempat terganggu dikarenakan oleh kendaraan yang parkir sembarangan dan menghalangi jalur rel.

Advertisement Inline

Cemplus Newsline by KAORI | Amri Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.