komikrameramemenuju timur

“Kesepuluh komikus dalam buku ini menggambarkan dengan elok keragaman budaya kita di Indonesia timur. Setelah membaca buku ini, kita menjadi lebih dekat, lebih erat mengenalinya. Tak pelak, buku ini adalah ikhtiar penting dalam merawat tenun kebangsaan.”—Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

“10 cerita yang membawa kita lebih dekat dengan kehidupan dan kearifan lokal Indonesia timur. Baca komik ini dan jadilah bagian dari negeri tempat terbitnya matahari di bumi Indonesia.”—Panji Pragiwaksono, pekarya

Advertisement Inline

KomikRameRame MenujuTimur merupakan sebuah catatan perjalanan yang berujung menjadi 10 alur cerita, dan dituangkan ke dalam visual oleh 10 komikus. Perjalanan yang dilakukan oleh Intan Anggita, seorang Blogger-Traveller, dan ditangkap secara inspiratif oleh Franki Indrasmoro, pemilik studio komik bernama FranKKomiK yang juga adalah seorang Produser Komik.

“Di dalam komik ini terlibat 10 illustrator komik, yakni Afif Numbo, Ferry Ickhwano, Dana Obera, Alfi Zachkyelle, Admira Wijaya, Bintuo Edan, Novian Kurnia, Ella Elviana, Jasmine Surkatty, dan Suryo Nugroho. Ceritanya ditulis oleh Intan Anggita, Arie Kriting, dan Sammy Pasau, yang tentunya diintrepretasikan secara variatif dan sangat bagus ke dalam karakter oleh tiap illustrator. Nggak berlebihan kalau saya bisa bilang ini adalah komik yang konsepnya sangat kuat dan mendidik,” ujar Franki Indrasmoro, yang lebih dikenal khalayak luas sebagai Pepeng NAIF.

Sebelum ini FranKKomiK sempat merilis komik bergenre petualangan-action yang populer, berjudul Setan Jalanan. Sebuah komik serial yang menghibur dan masih ditunggu kelanjutannya di tahun 2016 mendatang.

“Saya suka sekali dengan apa yang sudah dibuat oleh teman-teman di FranKKomiK. Membaca komiknya seperti bertualang di tempat aslinya,” demikan Intan Anggita berkomentar.

Dalam proses produksi KomikRameRame MenujuTimur ini FranKKomiK bekerjasama dengan penerbit Serambi Ilmu Semesta, Jakarta. Karena yakin bila komik kompilasi ini akan dicari-cari oleh para pecinta komik Indonesia, maka Serambi Publishing akan mendistribusikannya seluas mungkin agar mudah didapat di berbagai belahan kota di nusantara.

KomikRameRame MenujuTimur resmi diluncurkan bertepatan dengan acara Indonesia Comic Con pada tanggal 14-15 November 2015 lalu, di Hall B Jakarta Convention Center dan akan segera tersedia di di toko-toko buku umum.

Harapannya, komik ini bisa menjadi tambahan pustaka nusantara yang berkualitas dan menjadi pembelajaran bagi kita untuk lebih mencintai bangsa.

KAORI Newsline | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.