BAGIKAN
Kereta Rel Diesel (KRD) yang digunakan pada rute Hat Yai - Padang Besar | Sumber: Railway Gazette

Dua perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) operator kereta api (KA) nasional Thailand, State Railway of Thailand (SRT) dan Malaysia, Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB) pada hari Senin (21/12) meresmikan penggunaan Kereta Rel Diesel (KRD) yang melayani kota Hat Yai, Thailand dengan Padang Besar, Malaysia. Direktur Utama (Dirut) SRT Wuthichart Kalyanamitra bersama Dirut KTMB Sarbini Tijan memberikan pidato singkat tentang rute baru tersebut di stasiun Hat Yai, Songklha, Thailand.

Wuthicart menyebutkan jalur baru ini ditunjukkan untuk mengakomodasi mobilisasi yang tinggi antara Thailand dan Malaysia serta untuk memudahkan turis internasional yang membutuhkan transportasi yang menghubungkan dua negara tersebut.

Thai-Malaysia-transnational-train-Bernama-850x534
Kereta Rel Diesel (KRD) yang digunakan pada rute Hat Yai – Padang Besar | Sumber: Paultan.org

Jalur baru sepanjang 60 km ini akan dilayani dengan armada Kereta Rel Diesel (KRD) milik SRT dengan pendingin ruangan dan akan beroperasi 2 perjalanan sehari. Lama perjalanan kereta api ini adalah sekitar 50 menit dengan tarif sebesar 80 Baht atau sekitar Rp 31.000.

Advertisement Inline

Kereta api ini juga akan terhubung dengan enam layanan kereta api ekspres milik KTMB dari Padang Besar ke Butterworth, Ipoh dan Kuala Lumpur. Untuk fasilitas imigrasi kedua negara tersebut akan dilayani di Stasiun Padang Besar.

Cemplus Newsline by KAORI | Fasubkhanali

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.