Kecelakaan kereta api parah kembali terjadi di Benua Biru. Setelah beberapa waktu yang lalu TGV di Perancis yang sedang diuji coba mengalami kecelakaan, kini dua KA bertabrakan di Jerman.

Kejadian ini terjadi pada Selasa (9/2) pukul tujuh pagi waktu setempat, di dekat kota Bad Aibling, yang terletak 60 km di tenggara Munich. Kedua kereta bertabrakan saat tengah melaju pada kecepatan 100 km/jam.

Kereta yang bertabrakan terguling ke pepohonan.
Kereta yang bertabrakan terguling ke pepohonan.

Saat ini tim penyelamat masih berupaya mencari dan mengevakuasi korban selamat maupun tewas. Lokasi kecelakaan yang sulit dijangkau kendaraan beroda empat membuat evakuasi sedikit terhambat. Selain itu, lokasi kecelakaan berada di tepi sungai, sehingga dikhawatirkan banyak korban yang tenggelam. Setidaknya, belasan helikopter milik otoritas Jerman dan Austria dikerahkan untuk mencari dan mengevakuasi korban.

Hingga berita ini diturunkan, sudah ditemukan 10 korban meninggal dunia, termasuk masinis kedua kereta dan petugas keamanan, 80 luka dimana 17 diantaranya mendapat luka serius.

Penyebab kejadian ini masih belum diselidiki. Guna mendapat gambaran mengenai kecelakaan, dua dari tiga blackbox kereta sudah diamankan. Namun diduga, kecelakaan ini terjadi karena ada salah satu kereta yang melanggar aspek sinyal merah.

Petugas mengevakuasi korban yang masih terjebak dalam kereta,
Petugas mengevakuasi korban yang masih terjebak dalam kereta

Kecelakaan KA ini kembali mengingatkan publik Jerman pada beberapa kecelakaan KA besar yang pernah terjadi sebelumnya. Salah satunya ialah peristiwa anjloknya kereta api super cepat ICE yang menewaskan 101 penumpang pada Juni 1998.

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.