Beli KRL eks – Eidan di Online Shop? Bisa!

0
Laman penjualan KRL eks - Eidan di sebuah situs Online Shop. 19 unit KRL eks - Eidan dan SBASE ini dijual dengan cara yang tak lazim

Masyarakat dunia saat ini dimudahkan dengan kehadiran toko di dunia maya atau situs belanja online (Online Shop). Adanya Online Shop memungkinkan seseorang untuk membeli barang yang diinginkan via internet, tanpa harus datang ke toko untuk melihat langsung barang tersebut dan melakukan transaksi akad jual-beli. Berbagai macam barang kini bisa didapatkan di Online Shop, umumnya merupakan pakaian atau peralatan rumah tangga. Namun bagaimana jika yang dijual disana adalah unit-unit dari rangkaian kereta rel listrik (KRL)?

Perusahaan kereta api (KA) bawah tanah Ibukota Argentina, Subterráneos de Buenos Aires (SBASE) mulai memensiunkan armada kereta lama mereka. Salah satunya adalah KRL buatan Mitsubishi yang biasa berdinas di jalur B (Linea B). KRL ini merupakan KRL bukan baru dari Teito Rapid Transit Authority (TRTA) atau Eidan Chikatetsu yang kini dikenal sebagai Tokyo Metro, tepatnya seri 300, 400, 500 dan 900.

Eidan-subway500-Buenos_Aires1
KRL seri 500 eks – Eidan saat masih dioperasikan SBASE di wilayah Buenos Aires dan sekitarnya

Dari 32 unit KRL eks Eidan milik SBASE yang dipensiunkan, beberapa unit diantaranya telah dibeli sebuah perusahaan bernama Hierro Vial Pilar S.A. Uniknya, perusahaan yang lebih dahulu membeli unit-unit kereta tersebut kembali akan menjualnya dan memasarkannya di internet. Tak tanggung-tanggung, Perusahaan tersebut memasang iklan penjualan KRL pada situs Online Shop terkemuka dunia, OLX.

ventamitsupilar_1-768x400
Laman display penjualan KRL seri 300-400-500-900 eks – Eidan dan SBASE di situs OLX

19 unit kereta yang akan dijual tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari 12 unit kereta dan dihargai sebesar US$186000. Sedangkan kelompok kedua terdiri dari 7 unit dan dihargai US$119000. Namun, pada situs Online Shop tersebut, manajemen Hierro Vial Pilar membanderol harga per unit KRL ini senilai US$119000 dan bisa dinegosiasi. Ini memungkinkan masyarakat yang berminat membeli kereta ini dapat menghubungi perusahaan tersebut dan melakukan transaksi jual-beli secara online. Sebelumnya, perusahaan ini telah menjadikan salah satu unit kereta sebagai ruang makan sebuah restoran Hamburger di daerah Panamericana, Buenos Aires.

mitsubishiresto
Salah satu unit KRL seri 500 eks – Eidan dan SBASE yang dijadikan ruang makan sebuah restoran Hamburger di Panamericana

KRL seri 300, 400, 500 dan 900 Eidan ini dipensiunkan SBASE karena akan digantikan seluruhnya KRL seri CAF6000 eks-Madrid Metro yang didatangkan sejak tahun 2013. KRL seri lawas ini dulunya beroperasi di jalur Marunouchi milik Eidan sejak tahun 1954, sebelum akhirnya pensiun pada tahun 1996 karena digantikan KRL seri 02 Tokyo Metro, dan sejak tahun 1996 KRL ini diimpor SBASE untuk beroperasi di Buenos Aires. KRL ini juga menjadi KRL eks – Eidan / Tokyo Metro sekaligus KRL eks-Jepang pertama yang dijual ke luar negeri, sebelum KRL seri 5000 Tokyo Metro dijual ke Indonesia 10 tahun kemudian. Dari sisa unit kereta yang tidak dijual SBASE, 4 unit diantaranya akan dikembalikan ke Tokyo, Jepang untuk dipajang sebagai monumen di daerah asalnya.

TokyoMetro500_CM652
Salah satu unit KRL seri 500 eks – Eidan yang tidak dijual ke SBASE tahun 1996 dan dijadikan monumen di Tokyo

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.