Kiriman Sarana Perkeretaapian Baru Ditjen KA Dari Pulau Jawa Tiba Di Belawan

0
Lokomotif CC 300 yang diselimuti terpal biru tiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Ditjen KA Kemenhub RI kirim beberapa sarana perkeretaapian untuk menunjang pembangunan infrastruktur perkeretaapian pulau Sumatera

Setelah berlayar selama 8 hari dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya – Jawa Timur, akhirnya kapal yang membawa kiriman beberapa unit sarana perkeretaapian baru milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Ditjen KA – Kemenhub RI) dari pulau Jawa tiba di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara pada hari Sabtu (5/3). Unit-unit sarana tersebut diangkut oleh Kapal Landing Craft Tank (LCT) “LAS 2” milik perusahaan Samudera Indonesia Logistics. Kapal ini membawa 1 Unit Lokomotif Diesel Hidrolik asli buatan anak bangsa yaitu CC 300, 1 unit Kereta Inspeksi (KAIS) “Kaldera Toba”, 10 unit gerbong pengangkut batu ballast tipe ZZOW, 10 unit gerbong datar tipe PPC dan 1 unit lori inspeksi.

IMG_1378

Rencananya, seluruh sarana yang baru tiba tersebut akan digunakan untuk mendukung keberlangsungan program Satuan Kerja Kereta Api (Satker KA) di Sumatera Utara dalam mengerjakan proyek-proyek seperti Jalur Ganda Medan – Kuala Namu, reaktivasi jalur Binjai – Besitang, pembangunan Jalur KA KEK Sei Mangke – Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung serta jalur KA lintas Sumatera atau Trans-Sumatera Railway.

IMG_1363

Seperti diketahui bersama, saat ini Pemerintah Republik Indonesia sedang menggalakkan kegiatan pembangunan infrastruktur transportasi umum, salah satunya di bidang perkeretaapian. Berbagai proyek infrastruktur perkeretaapian baru telah memasuki masa pekerjaan dan konstruksi fisik, salah satunya di pulau Sumatera, dimana akan ada pengaktifan kembali jalur KA yang lama mati dan pembuatan jalur KA layang (elevated track) di Sumatera Utara, dan pembangunan beberapa jalur KA baru di beberapa provinsi untuk saling disambungkan dalam megaproyek Trans-Sumatera Railway yang membentang dari ujung Utara hingga Selatan ranah andalas.

IMG_1454
Gerbong GD dan ZZOW ditarik oleh lokomotif khas Medan, BB302

Kedatangan beberapa armada sarana perkeretaapian karya anak bangsa yang seluruhnya dibuat oleh PT Industri Kereta Api (INKA), Madiun – Jawa Timur ini diharapkan akan memperlancar keberlangsungan pekerjaan pembangunan infrastruktur sarana perkeretaapian di pulau Sumatera, khususnya di provinsi Sumatera Utara. Rencananya, beberapa armada perkeretaapian baru termasuk 1 unit lokomotif CC 300 juga akan dikirim ke Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan pembangunan dan pengembangan infrastruktur perkeretaapian disana.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.