Setelah sebelumnya dihentikan pengoperasiannya secara menyeluruh akibat rentetan gempa yang mengguncang daerah Kyushu pada 14 April lalu, Kyushu Railway Company (JR Kyushu) mengoperasikan kembali sebagian jalur kereta api (KA) cepat Shinkansen Kyushu pada hari Rabu pagi (20/4).

Bagian dari jalur Shinkansen Kyushu yang dibuka kembali ini menghubungkan stasiun Shin-Minamata di Prefektur Kumamoto dan Kagoshima-Chuo di Prefektur Kagoshima. Sebanyak 16 perjalanan yang melayani dua arah direncanakan beroperasi dibawah jadwal darurat yang telah ditentukan. Manajemen JR Kyushu mengatakan bahwa jumlah perjalanan kereta yang akan dioperasikan akan lebih sedikit dari jadwal reguler mengingat kondisi yang belum memungkinkan untuk beroperasi optimal.

Advertisement Inline

Sementara itu, bagian utara dari jalur Shinkansen Kyushu yang menghubungkan stasiun Shin-Minamata dengan stasiun Hakata di Fukuoka masih belum bisa dioperasikan dikarenakan jalur tersebut masih dalam pemeriksaan oleh pihak operator. Pihak JR Kyushu juga belum dapat memberikan kepastian, kapan jalur Shinkansen yang membentang sepanjang 289 km ini akan dibuka kembali secara penuh untuk operasional.

Selain jalur Shinkansen, jalur KA utama Kagoshima (Kagoshima Main Line) antara stasiun Arao dan Kumamoto kembali dibuka untuk menghubungkan Kumamoto dengan kota Fukuoka.

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.