Bila mendengar atau melihat kata restoran berjalan mungkin akan terbayang kereta restorasi yang biasanya terletak di tengah-tengah rangkaian kereta. Namun, di Jepang ada satu yang unik dan berbeda.

Seibu Railway Company, salah satu perusahaan operator kereta api (KA) swasta di Jepang baru-baru ini mengoperasikan rangkaian kereta wisata yang keseluruhannya terdiri dari kereta restorasi! Kereta wisata ini diberi nama “The Seibu Travelling Restaurant – 52 seats of happiness (52席の至福)”. Satu rangkaiannya terdiri dari 1 kereta dengan ruang serba guna dan toilet[1], 2 kereta dengan total 52 tempat duduk[2][4], dan 1 kereta khusus dapur[3]. (Ket: Lihat Denah)

Denah dari Kereta Restoran Berjalan | Sumber: www.seibu-group.co.jp
Denah dari Kereta Restoran Berjalan | Sumber: www.seibu-group.co.jp

Kereta restoran ini merupakan kereta rel listrik (KRL) seri 4000 dengan nomor rangkaian 4009 milik Seibu Railway yang telah dimodifikasi pada bagian interiornya serta penggantian skema pada eksteriornya. KRL seri 4000 ini beroperasi di jalur Seibu-Chichibu sejak tahun 1988.

Seorang arsitek terkenal yang pernah ikut terlibat dalam mendesain stadion nasional milik Jepang, Kengo Kuma adalah orang yang mendesain bagian interior dan eksterior kereta ini. Kengo mendesain kereta ini dengan mengadaptasi kearifan lokal. Pada bagian eksterior dari kereta tersebut diberi warna biru muda dan ditambah dengan karakteristik masing-masing musim di area Chichibu, Prefektur Saitama seperti motif bunga Shibazakura dan juga dedaunan di wilayah pegunungan Chichibu. Sementara itu pada bagian interiornya dibuat menggunakan kertas Washi dan kayu yang berasal dari prefektur tersebut yang mana menggabungkan motif batu kapur dan alur pegunungan. Selain itu, kain sutra lokal Chichibu Meisen juga digunakan dalam interior kereta ini.

Eksterior dari kereta restoran | Sumber: www.seibu-group.co.jp
Eksterior dari kereta restoran | Sumber: www.seibu-group.co.jp
Bagian Interior Kereta Restoran | Sumber: www.seibu-group.co.jp
Bagian Interior Kereta Restoran | Sumber: www.seibu-group.co.jp

Selain desain yang mengadaptasi dari kearifan lokal area Chichibu, penumpang juga dapat menikmati sejumlah makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang diproduksi secara lokal. Untuk kualitas rasa mungkin tidak perlu diragukan lagi, karena menu yang tersedia telah disusun oleh Seibu Railway dengan bantuan koki terkenal dan dimasak pada dapur yang berada di kereta 3.

Tiket untuk satu kali perjalanan dengan layanan makanan di dalam kereta dikenakan bea sebesar ¥10,000 (sekitar Rp1.250.000,00) dan sebesar ¥15,000 (sekitar Rp1.880.000,00) apabila ditambah dengan makan malam.

Rangkaian kereta ini beroperasi diantara Stasiun Seibu-Ikebukuro di Tokyo hingga Stasiun Seibu-Chichibu di Prefektur Saitama selama 100 hari dalam setahun, terutama pada hari Sabtu dan hari libur. Untuk naik kereta ini, diperlukan reservasi terlebih dahulu. Menurut informasi resmi dari Seibu Railway, perjalanan kereta ini telah dipesan hingga akhir Juni 2016.

Berikut ini video liputan mengenai Restoran Berjalan:

Cemplus Newsline by KAORI

Tinggalkan komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.