BAGIKAN

Pada awal April yang lalu, karakter Ellen Baker menjadi fenomena viral di media sosial Jepang dan juga kalangan penggemar jejepangan di Indonesia. Berawal dari celoteh dari seorang pengguna Twitter yang mengungkapkan rasa sukanya terhadap sang pengajar bahasa Inggris karena ada karakter dari buku pelajaran bahasa Inggris yang begitu imut, tweet tersebut kemudian langsung direspon secara positif oleh ribuan pengguna Twitter lainnya dalam waktu singkat (saat ini, tweet tersebut telah dihapus oleh pengguna yang bersangkutan). Tak lama berselang, para ilustrator berlomba-lomba untuk menghadirkan kembali paras imut nan manis Ellen Baker dalam fanart buatan mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Selengkapnya: Ellen Baker, Fenomena Baru Media Sosial Jepang.

Advertisement Inline

Terinspirasi oleh kepopuleran Ellen Baker dan juga buku New Horizon (buku pelajaran bahasa Inggris tingkat SMP yang diterbitkan oleh Tokyo Shoseki), sebuah doujin Kancolle (Kantai Collection) yang memparodikan buku pelajaran tersebut telah dirilis. Berjudul Dawn Horizon: Kancolle English Coursedoujin yang dirilis oleh circle (lingkar kreatif) Yudokuya ini menghadirkan Iowa, karakter battleship dari angkatan laut Amerika Serikat, sebagai sang guru bahasa Inggris. Para kanmusu lainnya, seperti Yukikaze dan Shimakaze, menjadi murid Iowa.

dawn_horizon

Tidak sekedar asal memparodikan, Doujin Dawn Horizon hadir seperti halnya buku pelajaran bahasa Inggris aslinya. Doujin ini tampil dengan desain tata letak layaknya buku New Horizon, lengkap dengan modul latihan, daftar kosakata, dan terjemahan dalam bahasa Jepang. Berbagai referensi dari game Kancolle (seperti penggunaan kata “World” yang menggantikan kata “Lesson” dan sifat para kanmusu) juga ikut ditambahkan ke dalam doujin ini.

This slideshow requires JavaScript.

Sebagai sebuah doujin yang memparodikan buku pelajaran New Horizon, sempat muncul kekhawatiran bahwa doujin Dawn Horizon dikerjakan tanpa mendapat izin dari pihak penerbit. Menanggapi hal tersebut, Tomokity, sang penulis doujin tersebut, mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan izin dari Tokyo Shoseki dan juga Asosiasi Hak Cipta Penerbit Buku Pelajaran Jepang.

Sebagaimana yang telah ditulis beberapa waktu yang lalu, pihak Tokyo Shoseki menghimbau berbagai pihak yang ingin menggunakan berbagai karakter dari buku New Horizon (termasuk Ellen Baker) untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pihak Asosiasi Hak Cipta Penerbit Buku Pelajaran Jepang. Bila penggunaan karakter tersebut menyimpang dari tujuan awal (meningkatkan minat para pelajar dalam mempelajari bahasa Inggris dan budaya lain), izin tidak akan diberikan.

Selengkapnya: Ellen Baker Jadi Viral, Pihak Penerbit Mulai Bertindak

KAORI Newsline.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.