BAGIKAN

Pada akhir bulan Januari yang lalu, pakaian dalam dengan bentuk unik yang disebut Cat Lingerie sempat ramai diperbincangkan oleh para pengguna media sosial di Jepang. Pakaian dalam yang memiliki desain yang terinspirasi dari kucing ini hadir dengan kesan seksi sekaligus imut ini langsung menarik perhatian para netizen Jepang. Para ilustrator pun berbondong membuat ilustrasi dari berbagai karakter anime dan manga favorit dengan mengenakan kostum ini.

Baca Juga: Tanggapan Sang Ilustrator Asli Terhadap Kepopuleran Ellen Baker

Lihat Versi Real-Life Ellen Baker!

Advertisement Inline

Fenomena serupa kini kembali terjadi pada minggu awal bulan April. Yang menjadi topik pembicaraan kali ini bukanlah berbagai jenis pakaian unik lainnya, tetapi sosok karakter guru bahasa Inggris bernama Ellen Baker.

Ellen Baker merupakan salah satu karakter yang muncul di dalam buku pelajaran bahasa Inggris berjudul New Horizon yang diterbitkan oleh Tokyo Shoseki. Sosoknya sendiri digambarkan sebagai seorang asisten pengajar bahasa Inggris yang berasal dari Boston, Amerika Serikat yang mengajar di SMP Midori. Dia juga menggemari tim bisbol yang ada di kota tersebut, yaitu Boston Red Sox. Selain Ellen Baker, ada berbagai karakter lainnya yang terdapat di dalam buku pelajaran bahasa Inggris yang ditujukan untuk siswa SMP tersebut, di antaranya Mike Baker (adik dari Ellen), Becky Jones, Alex Green, dan Deepa Mitra.

Selain Ellen Baker, para karakter ini juga ikut muncul di buku pelajaran bahasa Inggris New Horizon
Selain Ellen Baker, para karakter ini juga ikut muncul di buku pelajaran bahasa Inggris New Horizon (sumber: @haiyore_audio)

Para karakter yang muncul di buku pelajaran New Horizon diilustrasikan oleh Denchubou (電柱棒). Selain buku pelajaran tersebut, Denchubou juga mengerjakan berbagai ilustrasi untuk beberapa judul novel ringan yang diterbitkan di Jepang, seperti “Trinitas Shirīzu Dorīmu Raifu ・ Yume No I Sekai Seikatsu~” dan “Onrī☆Rōrī“. Selain novel ringan, Denchobou juga mengerjakan ilustrasi untuk mobage (game ponsel) berjudul “Moe Gacha” yang dirilis oleh CyberAgent Inc. sejak tahun 2012.

Kiri ke kanan: "Trinitas Shirīzu Dorīmu Raifu ・ Yume No I Sekai Seikatsu~" dan "Onrī☆Rōrī", dua judul novel ringan yang ilustrasnya dikerjakan oleh Denchubou, ilustrator karakter Ellen Baker
Kiri ke kanan: “Trinitas Shirīzu Dorīmu Raifu ・ Yume No I Sekai Seikatsu~” dan “Onrī☆Rōrī”, dua judul novel ringan yang ilustrasnya dikerjakan oleh Denchubou, ilustrator karakter Ellen Baker

Sosok Ellen Baker sendiri mulai menarik perhatian dan diperbincangkan di media sosial Jepang pada tanggal 5 April yang lalu. Hal tersebut berawal dari sebuah tweet yang dilontarkan oleh akun bernama @haiyore_audio. Dalam tweet-nya, akun tersebut terkejut bahwa buku pelajaran bahasa Inggris milik adiknya memiliki karakter Ellen Baker yang menurutnya begitu imut. Sontak, ia pun langsung menyatakan rasa sukanya. Saat artikel ini ditulis, tweet tersebut berhasil meraih lebih dari 57 ribu retweet dan 50 ribu like. Tak lama berselang, akun @haiyore_audio juga mengunggah berbagai foto lain yang menam-pilkan sosok sang pengajar bahasa Inggris imut itu di buku tersebut.

https://twitter.com/haiyore_audio/status/717306000307453952

“He? Kenapa karakter yang ada di buku bahasa Inggris milik adik saya begitu imut??? Khususnya Ellen Baker. Saya jatuh cinta olehnya.” 

https://twitter.com/haiyore_audio/status/717337497366167554

“Secara pribadi, yang ini merupakan gambar paling imut nomor 1.”

https://twitter.com/haiyore_audio/status/717307065522196480

Setelah tweet tersebut “meledak” di linimasa Twitter, para ilustrator mulai berlomba-lomba untuk menampilkan sosok Ellen Baker dalam ilustrasi buatan mereka. Berbagai macam ilustrasi fan-art pun telah beredar di linimasa, mulai dari yang bernada jenaka, menampilkan kembali paras imut sang guru dengan gaya berbeda, hingga yang dapat memancing “imaji liar” para follower-nya.

https://twitter.com/WATTAN1_8/status/717719792287789056

https://twitter.com/nezinezichannel/status/717705607940157440

Baca Juga: Tanggapan Sang Ilustrator Asli Terhadap Kepopuleran Ellen Baker

Lihat Versi Real-Life Ellen Baker!

KAORI Newsline

5 KOMENTAR

  1. itu gk nyampe bbrapa hari ….. udah beratus2 illustrator yang bikin gambarnya. sasuga baker-sensei ….

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.