BAGIKAN

Ellen Baker. Sosok guru bahasa Inggris fiktif yang muncul dalam buku pelajaran bahasa Inggris berjudul New Horizon yang diterbitkan oleh Tokyo Shoseki pada tahun 2016 lalu ini sempat menjadi viral di dunia maya.

Kini setelah lama tidak terdengar, kini sebuah akun Twitter bernama @PPPppppppQQQ telah mengungkap bahwa sosok guru fiktif yang satu ini menjadi salah satu tokoh dalam sebuah Board Game asal Jepang yang memuat edukasi mengenai bahaya minuman keras bagi anak di bawah umur.

Advertisement Inline

Dalam Board Game yang bernama Beer Sugoroku ini nampak Ellen Baker memberikan penyuluhan mengenai minuman keras melalui Board Game yang dimainkan seperti permainan ular tangga ini. Nampak dalam permainan ini, ditampilkan berbagai permasalahan yang bisa dialami insan-insan di bawah umur jika menenggak minuman keras.

Ellen Baker merupakan salah satu karakter yang muncul di dalam buku pelajaran bahasa Inggris berjudul New Horizon yang diterbitkan oleh Tokyo Shoseki. Sosoknya sendiri digambarkan sebagai seorang asisten pengajar bahasa Inggris yang berasal dari Boston, Amerika Serikat yang mengajar di SMP Midori. Dia juga menggemari tim bisbol yang ada di kota tersebut, yaitu Boston Red Sox. Selain Ellen Baker, ada berbagai karakter lainnya yang terdapat di dalam buku pelajaran bahasa Inggris yang ditujukan untuk siswa SMP tersebut, di antaranya Mike Baker (adik dari Ellen), Becky Jones, Alex Green, dan Deepa Mitra.

Sosok Ellen Baker sendiri mulai menarik perhatian dan diperbincangkan di media sosial Jepang pada tanggal 5 April 2016 lalu. Hal tersebut berawal dari sebuah tweet yang dilontarkan oleh akun bernama @haiyore_audio. Dalam tweet-nya, akun tersebut terkejut bahwa buku pelajaran bahasa Inggris milik adiknya memiliki karakter Ellen Baker yang menurutnya begitu imut. Sontak, ia pun langsung menyatakan rasa sukanya. Tak lama berselang, akun @haiyore_audio juga mengunggah berbagai foto lain yang menampilkan sosok sang pengajar bahasa Inggris imut itu di buku tersebut.

Setelah tweet tersebut “meledak” di linimasa Twitter, para ilustrator mulai berlomba-lomba untuk menampilkan sosok Ellen Baker dalam ilustrasi buatan mereka. Berbagai macam ilustrasi fan-art pun telah beredar di linimasa, mulai dari yang bernada jenaka, menampilkan kembali paras imut sang guru dengan gaya berbeda, hingga yang dapat memancing “imaji liar” para follower-nya.

Belakangan, pihak Tokyo Shoseki yang menerbitkan buku New Horizon tersebut mengumumkan bahwasanya karakter tersebut telah didesain sedemikian rupa dengan meminta masukan dari para pendidik agar minat untuk mempelajari bahasa Inggris meningkat, khususnya di kalangan pelajar SMP. Mereka berharap bahwa kehadiran karakter yang begitu hidup dan energetik seperti Ellen Baker juga dapat membantu para pelajar untuk memahami berbagai budaya negara lain yang ada di dunia.

Masih dalam tulisan yang sama, Tokyo Shoseki juga menghimbau berbagai pihak yang ingin menggunakan berbagai karakter yang hadir di buku pelajaran New Horizon (salah satunya Ellen Baker) untuk menghubungi Japanese Association for the Copyrights of Textbook Publishers (Asosiasi Hak Cipta Penerbit Buku Pelajaran Jepang) terlebih dahulu untuk meminta izin. Bila penggunaan karakter tersebut menyimpang dari tujuan awal, izin penggunaan tidak akan diberikan.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.