BAGIKAN
Sampai ada yang keatas atap! | Foto: Andi Ardiansyah

Akhir pekan merupakan saat-saat yang dinanti oleh para penggemar kereta api (KA) untuk menghabiskan waktu menjalankan hobi-hobi mereka seperti mengambil foto KA atau sekedar menikmati perjalanan dengan KA untuk melepaskan penat setelah sekolah ataupun bekerja. Namun ada yang tidak biasa pada Minggu pagi (29/5), sekumpulan penggemar KA atau yang biasa dikenal dengan istilah Railfans terlihat berkumpul di area Dipo Lokomotif Jatinegara. Ada apa gerangan?

Para Railfans ini ternyata berkumpul untuk mengikuti kegiatan Cuci Lokomotif dan Turntable yang diadakan oleh organisasi penggemar dan pemerhati KA, Indonesian Railway Preservation Society (IRPS). Kegiatan cuci lokomotif ini merupakan acara tahunan sejak tahun 2013 yang diselenggarakan oleh IRPS. Acara ini merupakan salah satu acara yang paling dinanti oleh Railfans, karena mereka bisa ikut merasakan sensasi mencuci lokomotif yang mereka senangi.

Kegiatan cuci lokomotif ini dibuka pada pukul 08.45 oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) IRPS, Ahmad Syauqie, perwakilan dari divisi pelestarian IRPS, Ricki Dwi Agusti atau yang populer dengan nama Dirjo, serta turut hadir juga Senior Manager Humas (SM Humas) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Bapak Bambang, dan  Kepala Dipo Traksi (KDT) Jatinegara, Bapak Anton. Pada pukul 09.00, para peserta cuci lokomotif ini diberi penjelasan serta prosedur keamanan oleh Bapak Anton selaku KDT Jatinegara, dan Bapak Bambang selaku SM Humas Daop 1.

Persiapan mencuci lokomotif! | Foto: Emmanuel Rio C
Persiapan mencuci lokomotif! | Foto: Emmanuel Rio C
Advertisement Inline

Sebanyak 4 lokomotif yang berada di dipo mendapat kesempatan untuk dicuci oleh peserta yaitu 2 lok CC 206 (13 63 dan 15 05), lokomotif CC203-28 (98 16), dan lokomotif CC201-77 13.

Para peserta yang sangat antusias mencuci lokomotif CC201-77 13 | Foto: Emmanuel Rio C
Para peserta yang sangat antusias mencuci lokomotif CC201-77 13 | Foto: Emmanuel Rio C

Para peserta yang terdiri dari Railfans dari berbagai kalangan, mulai dari tua hingga yang muda, komunitas atau non-komunitas, terlihat sangat antusias mengikuti keseluruhan kegiatan cuci lokomotif dan turntable ini. Walaupun basah kuyup, keceriaan mereka tetap terlihat dari wajah mereka, bahkan cuaca gerimis yang pun bukan menjadi halangan untuk tetap mencuci lokomotif. Ini merupakan bukti kecintaan mereka terhadap ranah perkeretaapian.

Serunya acara cuci lokomotif! | Foto: Andi Ardiansyah
Serunya acara cuci lokomotif! | Foto: Andi Ardiansyah

Setelah selesai membersihkan lokomotif dan turntable, para peserta kemudian diizinkan untuk membersihkan dirinya sendiri lalu dilanjutkan dengan kegiatan makan siang bersama. Di penghujung acara, para peserta dan juga panitia melakukan sesi foto bersama di turntable yang telah dibersihkan.

Foto Bersama di atas Turn Table! | Foto: Irvan Alaidrus
Foto Bersama di atas Turn Table! | Foto: Irvan Alaidrus

Berikut video kegiatan cuci lokomotif bersama di Dipo Lokomotif Jatinegara:

Cemplus Newsline By KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.