BAGIKAN

Sebagian pemuda-pemuda pecinta kereta api (Railfans) di Surabaya dan sekitarnya yang tergabung dalam Sahabat Kereta Daop 8 Surabaya (SKD8SB) kembali membuat sebuah event. Kali ini SKD8SB membuat event bertajuk “Pekan Kereta Api” yang diselenggarakan di Sidoarjo. Dalam event tersebut, diselenggarakan pameran foto yang digelar di peron stasiun Sidoarjo. Acara yang berlangsung dari tanggal 24 – 30 Oktober ini menampilkan foto-foto hasil karya para railfans dari seluruh penjuru pulau Jawa, lengkap dengan sedikit sejarah tentang Kereta Api (KA) yang dipotret.

Foto-Foto yang ada di Pekan Kereta Api
Foto-Foto yang ada di Pekan Kereta Api

Menurut Ketua Pelaksana Acara Pekan Kereta Api Chandra Bahari Dirgantara, acara ini digelar untuk mensosialisasikan KA-KA baru dan KA unggulan yang berada di wilayah Daop 8. Selain itu, pameran ini diharapkan bisa memberi hiburan bagi para penumpang selagi menunggu tibanya kereta yang akan ditumpanginya.

Ada sekitar 30 foto yang dipamerkan di peron Stasiun Sidoarjo dan bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin melihat pameran tersebut tanpa naik kereta api bisa datang mulai pukul 09.00 – 16.00 di stasiun Sidoarjo.

Penumpang KA menikmati pameran sembari menunggu keretanya datang
Penumpang KA menikmati pameran sembari menunggu keretanya datang
Advertisement Inline

Pengunjung hanya perlu membawa identitas asli seperti KTP, Kartu pelajar atau SIM sebagai jaminan untuk bisa masuk dan menikmati foto-foto hasil karya railfans Indonesia tersebut tanpa dipungut biaya. Selain acara pameran foto kereta api, pada Minggu (30/10) juga masih ada acara lain yang pastinya tidak akan jauh dari kereta api.

Chandra sedang menyusun foto yang akan dipamerkan
Chandra sedang menyusun foto yang akan dipamerkan

Selain pameran, juga ada acara sosialisasi KA-KA baru dan unggulan yang beroperasi di Surabaya yang bertempat di Car Free Day (CFD) di sekitar alun-alun Sidoarjo juga sosialisasi keselamatan pengemudi di pintu perlintasan KA di Jalan Pahlawan Sidoarjo.

Anggota SKAI8 sedang bersosialisasi KA di Car Free Day Sidoarjo
Anggota SKD8SB sedang melakukan sosialisasi di acara Car Free Day Sidoarjo

“Kami memilih acara sosialisasi di perlintasan karena masih banyak banget pengemudi yang menerobos pintu perlintasan meskipun sirine dan palang sudah menutup, padahal itu sangat berbahaya,” tutur Chandra.

Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan KA
Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan KA

Acara ini diakhiri dengan kegiatan kerja bakti bersama di stasiun Sidoarjo bersama para railfans.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.