West Japan Railway Co., salah satu perusahaan operator kereta di Jepang ini akan segera membuka sebuah museum kereta api (KA) di Kyoto. Museum KA di Kyoto yang merupakan salah satu museum KA terbesar di Jepang ini akan menjadi “Surga” bagi para pecinta KA atau railfans. Bagaimana tidak, museum yang rencananya akan dibuka tahun ini tak hanya memiliki koleksi kereta legendaris, tapi juga memiliki diorama miniatur KA dengan ukuran besar.

Diorama yang ada pada museum kereta ini memiliki ukuran 30mx10m dan berskala 1:80. Selain itu, diorama kereta perkotaan yang disimulasikan dengan jalur JR West ini juga memiliki tata cahaya yang memukau dan bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca harian.

Advertisement Inline

Kereta legendaris milik Jepang yang turut dipajang di museum ini juga cukup banyak. Diantaranya ialah Shinkansen seri 0 yang merupakan Shinkansen yang pertama sekaligus menjadi simbol kebangkitan industri Jepang paska perang, dan juga 16 kereta mewah lawas yang sebelumnya merupakan koleksi Museum KA Osaka. Termasuk juga lokomotif uap yang bisa digunakan untuk tur singkat dengan rute 1 km. Selain itu, ada juga kereta komuter seperti kereta rel listrik (KRL) seri 103 dan kereta lainnya.

JR West selaku pemilik museum ini menargetkan kunjungan 1,3 juta wisatawan pada tahun ini.

Museum KA Kyoto
Diorama miniatur KA di Museum KA Kyoto.

Museum ini baru akan dibuka 29 April mendatang dengan tarif 1200 Yen untuk pengunjung dewasa. Tentunya hal ini bisa menjadi tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi anda saat di Jepang nantinya, khususnya apabila anda berencana pergi ke daerah Kyoto. Tertarik mengunjunginya?

Cemplus Newsline by KAORI

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.