Minggu (29/5), pihak Hubungan Masyarakat (Humas) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengadakan acara “bersih-bersih” monumen lokomotif trem uap seri B12 nomor 39 (B12 39) yang berada di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Acara ini diikuti oleh teman-teman pecinta kereta api (KA) atau Railfans yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, tidak ketinggalan juga perwakilan dari Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE) dan KAORI tentunya. Acara ini digelar mulai pukul 09:30 WIB.

Dalam kegiatan ini, sejumlah petugas portir dan pegawai stasiun Surabaya Pasar Turi turut serta membantu membersihkan rumput liar dan mencuci monumen lokomotif trem tersebut. Tidak ketinggalan, Kepala Humas Daerah Operasi (Kahumasda) 8 Surabaya juga turut serta ambil bagian dalam kegiatan pencucian lokomotif trem ini.

Kahumasda 8 Surabaya, Bapak Suprapto yang ikut mencuci monumen lokomotif trem uap | (Ignatius Rahardhi)

Setelah sesi cuci monumen lokomotif selesai, maka acara ini dilanjutkan dengan pembagian balon gratis bagi calon penumpang kereta rel diesel (KRD) tujuan Bojonegoro. Acara pembagian balon gratis ini disambut dengan antusias oleh calon penumpang yang menunggu kedatangan rangkaian KRD tersebut dari Sidoarjo. Saking tingginya antusiasme para calon penumpang tersebut, banyak dari mereka yang akhirnya yang meminta untuk saling tukar-menukar balon dengan warna sesuai dengan selera masing-masing.

Advertisement Inline
Pembagian balon gratis bagi calon penumpang KA KRD tujuan Bojonegoro | (Ignatius Rahardhi)

Acara pembagian balon selesai ketika KRD telah memasuki stasiun Surabaya Pasar Turi, dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan pengarahan dari Kahumasda 8 Surabaya. Keseluruhan acara ini usai pada pukul 14.00 setelah melakukan pembagian balon tahap kedua, yaitu pembagian balon bagi para calon penumpang KA Jayabaya.

Pengarahan dari Kahumasda 8 Surabaya
Pengarahan dari Kahumasda 8 Surabaya | (Ignatius Rahardhi)

Acara yang penuh kebersamaan ini kedepannya akan direncanakan untuk diadakan setiap tahun, sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Selain itu, hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian para pecinta KA terhadap aset dan fasilitas milik KAI.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.