BAGIKAN

Stasiun kereta api (KA) merupakan salah satu tempat umum yang keberadaannya cukup penting di suatu negara, terutama di wilayah kota atau desa. Tempat ini merupakan tempat bagi para pengguna jasa KA untuk menggunakan layanan KA. Biasanya, penamaan stasiun KA sendiri diambil dari nama daerah setempat, atau dengan nama yang mudah diingat. Tapi, apa jadinya bila nama yang digunakan oleh stasiun KA tersebut terlalu panjang dan rumit sehingga menyusahkan untuk dibaca?

Di wilayah Britania Raya, tepatnya di Wales, negara yang baru-baru ini takluk dari Inggris di perhelatan EURO 2016, memiliki sebuah stasiun KA yang memiliki nama yang sedikit “nyentrik”. Stasiun KA di Wales ini memiliki nama terpanjang dan terumit yang pernah di temukan!

'Nama lengkap' Stasiun KA tersebut beserta cara pengucapannya | Sumber: Heritage Railway Magazine (Facebook)
‘Nama lengkap’ Stasiun KA tersebut beserta cara pengucapannya | Sumber: Heritage Railway Magazine (Facebook)

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (Llan-vire-pooll-guin-gill-go-ger-u-queern-drob-ool-llandus-illlio-gogo-goch) atau sering hanya disebut Llanfairpwll, merupakan nama dari stasiun ini. Stasiun yang terletak di jalur utama Wales Utara ini dibuka pada tahun 1848 dan pernah mengalami insiden kebakaran pada 13 November 1865. Akibatnya, stasiun KA ini terpaksa harus ditutup. Selain itu, stasiun ini juga telah mengalami beberapa kali direnovasi.

Advertisement Inline

Stasiun ini terbilang cukup sepi. Tiap harinya, stasiun ini melayani perjalanan KA yang menghubungkan Holyhead dan Chester via Llandudno Junction dan Prestatyn. Namun, KA tersebut hanya datang setiap 2 jam sekali di stasiun ini.

Saking susahnya, seorang presenter televisi pun akhirnya mempunyai caranya sendiri untuk melafalkan nama stasiun ini. Beginilah cara presenter tersebut menyebutkan nama sebuah daerah yang sekaligus menjadi nama stasiun tersebut!

Unik, bukan?

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.