BAGIKAN

Nederlandse Spoorwegen (NS), operator kereta api (KA) nasional Belanda resmi memilih Alstom untuk membangun 79 rangkaian (trainset) kereta rel listrik (KRL) antar kota terbarunya. Perjanjian pengadaan armada KRL baru NS ini telah ditandatangani kedua pihak pada Jum’at (15/7) lalu. Kontrak bernilai lebih dari €800 juta ini akhirnya disepakati, kendati sempat terjadi penolakan dari Siemens, salah satu dari empat peserta lelang yang berkeberatan setelah tersisih dan mengklaim telah mengirimkan penawaran terbaiknya.

NS memesan sebanyak 49 rangkaian KRL formasi 5 kereta dan 30 rangkaian KRL formasi 8 kereta tipe terbaru Alstom, Intercity – Next Generation (IC-NG) yang merupakan bagian dari seri Coradia andalannya. KRL terbaru NS ini didesain untuk melaju dengan kecepatan maksimal 200 km/h, dan dapat berjalan sama baiknya, baik pada lintasan dengan sumber tegangan 20kV AC/50Hz di lintasan jalan rel cepat HSL-Zuid, maupun di lintasan dengan sumber tegangan 1,5kV DC pada jaringan  jalan rel konvensional. Sistem kendali keamanan kereta nasional dan internasional Eropa (European Train Control System / ETCS) pun dipasangkan dalam rangkaian-rangkaian KRL seri anyar ini.

Direktur Pengadaan Sarana KA Baru NS, Roel Okhuijsen mengatakan bahwa rangkaian ini akan menggabungkan  segala aspek diantaranya kecepatan, kenyamanan dan aksesibilitas, serta berbasis teknologi yang ampuh dan ‘siap menyambut masa depan’. Akan terdapat beberapa fasilitas di dalam tiap rangkaian KRL seri baru ini, antara lain ruangan-ruangan nyaman untuk beristirahat, mengobrol, bekerja dan juga ruang rapat, dengan dua kelas tempat duduk penumpang yang semuanya telah dilengkapi port Universal Serial Buses (USB). Di dalam setiap rangkaiannya juga memiliki toilet khusus pengguna kursi roda, jaringan internet nirkabel (Wireless-Fidelity / Wi-Fi), layar informasi penumpang, tempat sampah terpisah, lampu jenis Light-Emitting Diode (LED) dengan kendali pintar, kamera pengawas untuk keamanan penumpang dan juga tombol darurat.

Advertisement Inline

Rancangan rangkaian ini akan dirampungkan dan ditetapkan sesuai hasil konsultasi dengan perwakilan penumpang, kru KA, staf pemeliharaan sarana dan pekerja kebersihan selama rentang tahun 2016 hingga 2017. Rangkaian contoh (prototype) akan diproduksi pada tahun 2017 hingga 2018 mendatang. Pengujian statis dan dinamis pada rangkaian prototype tersebut akan dilakukan di Badan Pengujian Klimatis Rail Tec Arsenal di Wina dan pada lintasan jalur rel, sambil menanti jadwal pengujian operasi pada jalan rel di Belanda serta dimulainya produksi massal secara menyeluruh mulai tahun 2019 yang akan datang. Rangkaian KRL seri terbaru ini dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2021, dengan rute Amsterdam – Rotterdam – Breda P.P. dan Den Haag – Eindhoven P.P.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.