Ada Kode Rahasia Gravity Falls di Kuil Kanda Myojin

0

Serial animasi Gravity Falls produksi Disney memang sudah tamat dengan penayangan episode terakhirnya pada tanggal 15 Februari 2016. Namun meski demikian, para fans dari serial animasi ini dibuat gempar dengan adanya permainan pencarian harta karun dari seri ini. Pada hari Kamis (21/7) kreator, sutradara, sekaligus pengisi suara dari seri ini, Alex Hirsch merilis sebuah kode rahasia dan memulai permainan pencarian harta karun ini.

Permainan ini dimulai oleh Alex Hirsch melalui twitter serta reddit dengan tagar  atau yang bisa dibaca sebagai . Permainan ini merupakan sebuah pencarian harta karun, yakni patung dari karakter antagonis di Gravtiy Falls, Bill Chipher yang benar-benar ada dan tersembunyi di suatu tempat di dunia ini. Oleh karena itu permainan pencarian harta karun ini dilakukan secara real-time dengan mencari petunjuk-petunjuk di dunia nyata. Untuk memulai permainan ini ia mengunggah gambar yang memuat sebuah kode rahasia. Berikut adalah kode tersebut:

cipherhunt

Kode rahasia tersebut dapat dibaca dengan menggunakan enkripsi Caesar code -3 (ganti huruf yang tertulis dengan 3 huruf ke belakang, contoh D dibaca sebagai A). Oleh karena itu kode tersebut dapat dibaca sebagai:

“The urban legend has come true cipher’s statue’s calling you. The secret map is in your hand to trace the clues across the land. Don’t forget it’s all for pleasure the hunt itself’s the real treasure but a prize awaits the first one there be safe be smart and of course beware”

Namun kode tersebut ternyata masih memiliki pesan rahasia lainnya. Pada gambar yang diunggah Alex Hirsch terdapat beberapa huruf yang diberi warna merah. Huruf-huruf tersebut merangkai pesan bertuliskan “Russia”.

Tak lama setelah itu para fans Gravity Falls di Rusia langsung mencari keberadaan petunjuk yang tertulis pada pesan tersebut. Tidak memakan banyak waktu petunjuk pun ditemukan oleh pengguna twitter dengan akun @mindofaddict. Berikut ini adalah kode yang ia temukan.

Masih tetap dibaca dengan menggunakan enkripsi kode Caesar -3 berikut ini adalah enkripsi dari pesan rahasia tersebut:

“Finally the hunt can begin so switch your rubles out for Yen. Turn left when you’re at the shrine’s door. When you reach the statue turn left once more. In the info that you lack a sword and a crescent mark the clue. Chipher’s statue’s calling you”

Menariknya pada kode rahasia yang ditemukan di Rusia ini, mengarahkan permainan ini pindah menuju Jepang. Hal ini didasari atas pesan yang berbunyi “so switch your rubles out for Yen”. Terlebih lagi dalam pesan tersebut tertulis juga tempat tersebut merupakan sebuah kuil.

Baca juga: Sosok Eva Unit Hadir Dalam Gravity Falls

Tak lama setelah kode rahasia dari Rusia ini terpecahkan para fans pun mempertanyakan dimana keberadaan kode berikutnya yang ada di Jepang tersebut. Dengan petunjuk kuil, para fans pun merujuk kepada satu kuil, yakni kuil Kanda Myojin. Kuil ini merupakan kuil di Tokyo yang menjadi latar tempat dari seri anime Love Live! School Idol Project. Dalam anime tersebut juga diceritakan bahwa kuil ini merupakan rumah dari karakter Nozomi Tojo dan juga tempat para anggota grup idola µ’s melakukan latihan fisik. Setelah diketahui bahwa kode rahasia berikutnya berada di Jepang, tagar #CipherHunt bahkan sempat menjadi trending topic nomor dua di Jepang pada hari Kamis (21/7).

https://twitter.com/__juliejulie/status/756012296694960128

Keberadaan kode rahasia di kuil tersebut pun ternyata benar adanya. Tak lama setelah kode di Rusia terpecahkan, salah satu fans Gravity Falls dengan akun twitter @nyankun1 menemukan kode rahasia di kuil Kanda Myojin. Kode rahasia tersebut tertulis dalam papan untuk berdoa yang tergantung di kuil tersebut.

kanda myojin gf

Dengan cepatnya para fans Gravity Falls pun langsung mencari tahu arti dari kode rahasia tersebut. Salah satu pengguna twitter dengan akun @Miss_Katiegirl berhasil memecahkan kode tersebut. Berikut ini adalah arti dari kode rahasia di kuil Kanda Myojin:

deciphered kanda myojin
Kiriman dari @Miss_katiegirl

Kode rahasia ini mengarahkan ke tempat berikutnya yakni Atalanta. Setelah kode di Atalanta ditemukan, para fans Gravity Falls berikutnya diarahkan menuju ke sebuah tempat di Rhode Island. Namun karena kode rahasia di tempat tersebut hilang, sampai saat tulisan ini dimuat permainan Cipher Hunt dihentikan untuk sementara waktu.

Beberapa waktu sebelumnya, tepatnya di bulan Februari Alex Hirsch memang pernah pergi ke Jepang dan mengunjungi beberapa tempat. Di antara tempat-tempat yang dikunjungi, Alex pernah berkunjung ke kuil yang kini dikenal sebagai kuil bagi para fans Love Live! ini. Ia bahkan sempat menggantungkan papan doa dengan gambar karakter Mabel dan Grunkle Stan diantara papan doa bergambarkan karakter Love Live! School Idol Project.

Baca juga: 

Selain mengunjungi Kanda Myojin, Alex Hirsch juga berkunjung ke studio animasi Trigger. Di sana ia bertemu dengan Yoh Yoshinari, kreator dari Little Witch Academia dan animator Takafumi Hori. Ia mengunjungi studio animasi ini karena dalam film animasi Little Witch Academia: The Enchanted Parade terdapat cameo dari karakter utama Gravity Falls, Dipper dan Mabel Pines.

Gravity Falls merupakan serial animasi Disney besutan Alex Hirsch. Serial ini baru saja menamatkan penayangannya dengan episode terakhirnya yang tayang pada hari Senin lalu. Di Indonesia sendiri musim pertama seri ini ditayangkan oleh stasiun RCTI setiap hari Sabtu & Minggu.

Permainan pencarian harta karun Cipher Hunt ini sendiri masih terus berlanjut. Untuk kaorin yang penasaran seperti apa kelanjutan dari pencarian harta ini, bisa melakukan pencarian dengan tagar #CipherHunt di twitter.

KAORI Newsline | Oleh Rafly Nugroho

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.