Salah satu armada milik China Railway Highspeed (CRH), Tiongkok | Sumber: http://applist.cctvnews.cn/

Tiongkok kembali menunjukkan kehebatannya dalam bidang perkeretaapian dunia. Kereta api (KA) cepat yang dioperasikan di Tiongkok ini digadang-gadang kelak akan menjadi KA dengan kelajuan operasi tercepat di dunia. Kecepatan operasional kereta api ini mencapai 380 km/jam dan akan beroperasi di relasi Zhengzhou – Xuzhou pada bulan depan.

Para pekerja di balik jalur Zhengzhou – Xuzhou telah berhasil menyelesaikan jalur penghubung dengan jalur Beijing – Guangzhou dan Zhengzhou – Xi’an pada jalur kereta api cepatnya. Akhirnya terciptalah koneksi jalur di Tiongkok bagian timur dan Tiongkok tengah-barat.

Jika rute KA cepat ini telah beroperasi, waktu tempuh perjalanan dari Zhengzhou menuju Xuzhou dapat berkurang. Waktu tempuh yang tercatat sebelumnya yaitu 2 jam 33 menit dan mampu menjadi hanya 80 menit jika kereta api cepat ini beroperasi.

Advertisement Inline

Jika dibandingkan dengan generasi terakhir pada kereta peluru dalam negerinya, KA cepat terbaru ini memiliki kecepatan operasional yang lebih tinggi sebesar 50 km per jam. Sebelumnya, kecepatan operasional yang pernah tercatat adalah 350 km per jam dan telah diperbaharui menjadi 400 km per jam setelah adanya kereta cepat terbaru ini. Di waktu yang akan datang, kereta seri terbaru ini akan dioperasikan untuk mengangkut penumpang.

Kecepatan operasional sendiri merupakan variabel nilai kecepatan saat rangkaian KA beroperasi mengangkut penumpang atau barang secara reguler. Meski diklaim menjadi KA cepat dengan kecepatan operasional tertinggi di dunia, Tiongkok belum bisa mengalahkan Perancis dalam urusan kecepatan maksimum keseluruhan (non-operasional) rangkaian KA cepatnya, Train a Grande Vitesse (TGV) yang menyentuh angka 574 km per jam dalam suatu uji coba.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.