BAGIKAN

Rangkaian perdana dari Light Rail Vehicle (LRV) atau kereta ringan terbaru milik Taiwan diluncurkan di balai yasa milik Taiwan Rolling Stock Company (TRSC). Rencananya, LRV terbaru ini akan dioperasikan di jalur Green Mountain pada jaringan kereta ringan Danhai di Kota New Taipei.

Taiwan telah memesan 15 LRV dek rendah kepada Voith Engineering Services (Voith) untuk jaringan kereta ringan Danhai pada 2015 lalu. Keseluruhan dari LRV ini dikerjakan oleh Voith di Pusat Kompetensi Kendaraan Berbasis Rel miliknya yang terletak di Chemnitz, Jerman. LRV dengan dimensi panjang 34.5 m ini dapat mengakomodasi hingga 265 penumpang dan dapat dipacu hingga kecepatan 70 km/jam. 15 LRV ini akan dikirimkan oleh Voith hingga Agustus 2017 mendatang.

LRV Terbaru Taiwan
LRV Terbaru Taiwan

Fase awal dari jaringan rel sepanjang 9.6 km yang meliputi Jalur Green Mountain, akan terhubung dengan stasiun Hongshulin pada jalur Tamsui Taipei Metro yang menuju Danhai New Township dengan 11 stasiun utama dan 3 stasiun cabang menuju Danshui Fisherman’s Wharf, yang dapat pula dikenal sebagai Jalur Blue Ocean. Layanan ini akan dimulai secara komersil pada tahun 2018 mendatang.

Advertisement Inline

Fase kedua dengan total 4.4 Km juga diperkirakan akan dibuka pada tahun 2025 mendatang, dan jaringan kereta ringan ini akan mencapai kapasitas sekitar 120,000 penumpang per hari.

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.