BAGIKAN
Transjakarta Kopaja, bus seperti ini dipakai untuk melayani koridor 12. (Kevin W)

Comic Frontier 8 semakin dekat. Perpindahan venue dari tempat sebelumnya di Smesco ke Integrity Convention Center menyebabkan pengguna transportasi umum harus mengerutkan dahinya. Pasalnya, akses menuju lokasi tergolong sulit dijangkau dengan transportasi umum.

Bagi Anda pengguna setia Transjakarta, halte BRT terdekat berada di Kemayoran Landas Pacu yang dilayani oleh koridor 12. Masalahnya, bus-bus yang melayani koridor 12 jauh lebih sedikit dari koridor lainnya. Selain itu, umumnya rute ini menggunakan bus ukuran medium (Kopaja) sehingga mengurangi kapasitas angkut.

Untuk menuju ke halte Kemayoran Landas Pacu, Anda dapat menggunakan koridor 5 (Ancol – Kampung Melayu) atau koridor 10 (PGC Cililitan – Tanjung Priok). Dari koridor 5, turunlah di halte Jembatan Merah atau Gunung Sahari Mangga Dua, kemudian menunggu bus koridor 12 yang menuju Tanjung Priok atau Sunter. Waktu tunggu di koridor 12 umumnya sekitar 30 sampai 45 menit.

Atau, dari halte Monas, tersedia pula bus Transjakarta yang langsung menuju kompleks PRJ.

Bila menggunakan koridor 10, Anda bisa turun di halte Sunter Kelapa Gading dan menunggu bus di sisi tunggu tempat naik bus koridor 10 ke arah Tanjung Priok (!). Hal ini karena belokan Transjakarta menuju Sunter berada tepat di sisi barat laut halte Sunter Kelapa Gading. Tiadanya petunjuk jelas di halte berpotensi menyesatkan mereka yang hendak menggunakan bus koridor 12 di sini. Bila tidak ingin berebutan dengan penumpang di halte Sunter Kelapa Gading, Anda bisa turun dan menunggu bus di halte Plumpang Pertamina.

Setelah turun di halte Kemayoran Landas Pacu, bersiaplah berjalan cukup jauh. Medan menuju TKP tidak terlalu ramah untuk pejalan kaki dan dengan jalan yang lebar, umumnya mobil menggunakan kecepatan tinggi. Sisi jalan yang gersang juga menambah sengsara akses menuju TKP. Dengan berjalan kaki, komplek Mega Glodok Kemayoran (tempat Integrity Convention Center berada) diraih dalam setengah jam “dengan cara berjalan ala orang Tokyo”.

Pengguna KRL pun tidak kalah direpotkan dengan ini. Akses terdekat adalah stasiun Kemayoran. Dengan banyaknya kereta yang hanya berakhir sampai stasiun Duri dan Kampung Bandan, kereta api datang setiap kurang lebih 30 menit di stasiun Kemayoran. Keluar dari stasiun Kemayoran, akses jalan bagi pejalan kaki relatif lebih baik dibandingkan halte Transjakarta, namun jarak yang lumayan jauh membuat rute ini tidak disarankan bagi mereka yang tidak biasa berjalan kaki.

Mempertimbangkan kedua pilihan transportasi tersebut, disarankan untuk pergi bersama dengan teman dalam satu rombongan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi lain seperti taksi atau ojek. Dengan catatan, jalan menuju TKP juga tidak terlalu bersahabat bagi pemilik sepeda motor. Bila memutuskan untuk naik kendaraan umum lanjutan, Anda bisa menaiki mikrolet M53 dari dekat halte Transjakarta Jembatan Merah.

Mengingat Comic Frontier mengenakan biaya masuk sebesar Rp20.000 per orang, jangan lupa untuk mempertimbangkan total biaya yang hendak dikeluarkan untuk menaiki transportasi umum, selain budget untuk berbelanja, dalam dompet Anda.

KAORI Newsline |oleh Kevin W

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.