BAGIKAN

KOSMIK, platform penerbitan komik lokal, siap meluncurkan konten terbaru baik yang akan dicetak dalam bentuk buku, maupun diterbitkan secara online di platform mereka: kosmik.id. Semua konten komik terbaru ini akan dirilis di acara “KOSMIK DAY: SECOND ORBIT” yang akan diselenggarakan di Gramedia Central Park, Minggu (22/01). Sesuai temanya, “KOSMIK DAY: SECOND ORBIT” akan menjadi awal dari perjalanan platform penerbitan komik lokal ini disepanjang tahun 2017.

Adalah komik buatan Fachreza Ocktavio dan LSS, yang sebelumnya di kenal lewat Panji dan Cermin Putih, akan menjadi salah satu cerita baru yang mengisi halaman KOSMIK edisi 1/2017 ini. Karya yang diberi judul Peri Bahasa ini merupakan kareografi aksi yang bermain-main dengan kata-kata. Mengambil genre fantasi, komik ini terinspirasi dari budaya berbalas pantun dan peribahasa di Indonesia.

Peri Bahasa sendiri menceritakan tentang Siska, seorang agen baru Polisi Bahasa, bersama seniornya, Mira. Polisi Bahasa bertugas menjaga pemakaian bahasa sesuai aturan agar tidak terjadi kekacauan di dunia. Namun, suatu kelompok bernama Peri Bahasa menentang mereka dan menginginkan penggunaan bahasa secara bebas.

Advertisement Inline

Rixa karya Haryadhi dan Manungsa karya Erfan Fajar dan Jaka Ady juga sudah siap beredar kembali setelah beberapa bulan mengalami hiatus. Komik-komik ini akan menghadirkan cerita yang lebih menantang, melanjutkan cerita dari buku pertama.

Pada platform online Kosmik telah dipersiapkan setidaknya tiga judul baru, diantaranya Peluru karya Yusuf Rizaldi dan Ogi Prasetiya. Serial yang akan resmi terbit pada 27 Januari 2017 ini menghadirkan konsep unik dengan setting pulau Jawa Enggal, yakni pulau Jawa pada 100 tahun setelah serangan nuklir. Kemudian ada Bingo karya Cessa Lafalika yang mengisahkan pilot helicopter perempuan berkebangsaan Indonesia satu-satunya yang harus menghadapi misi-misi menegangkan. Cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari yang penuh dengan adegan masak memasak juga tidak ketinggalan mewarnai bentang karya-karya baru di Kosmik. Komik berjudul Kentang ini dibuat langsung oleh Editor in Chief Kosmik, Jhosephine Tanuwidjaya atau yang akrab disapa Jhotan.

Selain dapat mengetahui deretan komik baru, acara ini juga menjadi sarana bagi para kreator untuk membagikan pengalaman, serta tips dan trik kepada audience tentang proses pembuatan komik mereka, mulai dari pembangunan cerita sampai dengan pengembangan karakter.

SUNNY GHO, CeO KOSMIK, mengharapkan bahwa acara ini tidak hanya menjadi wadah berkumpul bagi pecinta komik Indonesia, namun juga bisa menyebarkan semangat berkarya anak muda untuk menghasilkan konten yang tidak hanya menghibur namun juga inspiratif. Apalagi, sebagian besar audience yang akan hadir mengaku memiliki minat untuk menjadi kreator di kemudian hari.

Sebelumnya Kosmik telah sukses mengedarkan lima kompendium, 12 majalah komik Kosmik MOOK yang berisi berbagai cerita bersambung,  komik strip, dan preview.

Publik dapat berpartisipasi pada acara ini dengan melakukan registrasi pada tautan berikut ini.

KAORI Nusantara | Informasi yang disampaikan merupakan sudut pandang pihak pemberi siaran pers dan tidak mewakili sudut pandang maupun kebijakan editorial KAORI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.