Setelah dirumorkan akan segera “ganti seragam”, akhirnya kereta rel listrik (KRL) seri E233-0 eks-jalur Itsukaichi rangkaian ToTa Ao670 resmi ditransfer ke jalur Nambu. Kedatangan ToTa Ao670 ini sendiri menjadi salah satu catatan sejarah di mana rangkaian ini menjadi rangkaian pertama dari KRL seri E233 yang pindah tugas ke jalur lain di jaringan perkeretaapian East Japan Railway Company (JR East).
Baca Juga: KRL seri E233-0 Rangkaian ToTa Ao670 Pindah ke Jalur Nambu?
Dilansir dari Tetsudo Shimbun, Kantor cabang milik JR East di Yokohama (JR East Yokohama Branch) telah mengumumkan transfer rangkaian ToTa Ao670 dari jalur Itsukaichi ke jalur Nambu. Kepindahan rangkaian ini akan diselesaikan dalam waktu dekat. Sebelumnya, rangkaian tersebut dikirim ke “Balai Yasa” Omiya (Omiya Rolling Stock Centre) untuk dilakukan beberapa perubahan, seperti warna livery dan aspek lainnya.
青670、南武線帯。半自動ボタンはやはり残すのか? ドアの帯剥がしたところがまだキレイになっていない。 pic.twitter.com/3LPeZFevhQ
— yassy745 (@yassy745) January 18, 2017
2017-01-18(水) 【 青670編成、南武線色へ 】新潟色115系の試運転が?だったので、寒いし帰ろうと工場へ戻ったら、塗装棟から出てきました・・・ ちゃんと編成番号、車両番号も撮れました。こうでなくっちゃね (^o^)丿 pic.twitter.com/bbgYE1AS1u
— こまち77号 (@tetutori_st) January 18, 2017
Susunan KRL seri E233-0 rangkaian ToTa Ao670
Tc | M | M | M | M | Tc |
クハE233-70 | モハE233-70 | モハE232-70 | モハE233-270 | モハE232-270 | クハE232-528 |
Isu mengenai pindahnya rangkaian ini sempat membuat railfans Jepang ramai berkicau di Twitter. Sejumlah foto bukti hasil “mengintip” dari luar Omiya Rolling Stock Center diunggah oleh beberapa railfan Jepang ke Twitter dan juga ke blog pribadi mereka.
Namun, kedatangan rangkaian tersebut juga berarti akhir dari petualangan bagi KRL seri 209-2200 satu-satunya milik Jalur Nambu, rangkaian NaHa 53. ToTa Ao670 memang direncanakan untuk menggantikan NaHa 53 menurut informasi yang beredar. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai KRL seri 209-2200 ini, apakah akan di-scrap di Nagano atau dipindah ke jalur lain.

Dengan pindahnya ToTa Ao670 dan pensiunnya NaHa 53, maka secara resmi membuat jalur Nambu menjadi salah satu jalur yang mengoperasikan armada E233 secara penuh setelah jalur Saikyo dan Yokohama.
Cemplus Newsline by KAORI