BAGIKAN
Fuuka. © Kouji Seo · Kodansha / "Fuuka" Production Committee

Setiap tiga bulan ada lebih dari 50 judul anime baru yang membanjiri Jepang. Begitu cepatnya dunia anime bergerak membuat penggemar anime yang sudah merasa ajeg dengan seri tertentu menjadi sulit beradaptasi saat memasuki musim baru. Di sekitar kita, pasti ada mereka yang dulunya aktif menonton seluruh anime baru secara tepat waktu, tapi sudah setahun lebih tidak menonton anime lagi.

Jadi bagaimana caranya supaya kita tidak terasingkan dengan dunia anime, dan bagaimana supaya kita bisa beradaptasi dengan anime baru di tiap musimnya? KAORI sajikan sejumlah tips yang sudah terbukti dan teruji di internal Redaksi.

Gabriel Dropout. © Ukami / Kadokawa ASCII Media Works / Gabriel Dropout Production Commitee

1. Sadar bahwa seperti dunia di kantor atau sekolah kita, dunia anime tidak selalu bergerak sesuai keinginan kita

Sejumlah orang yang merasa lepas sentuhan dengan dunia anime saat ini biasanya merenung, sembari mengeluh karena dunia anime tahun ini tidak lagi seperti apa yang ia lihat saat pertama mulai menonton anime. Misalnya, mereka yang mulai menonton anime dari K-On! lalu menggerutu saat melihat anime bertema santai saat ini yang ada hanya yang seperti Gabriel Dropout. Atau mereka yang memulai menonton anime seperti Shakugan no Shana, lalu tercengang karena kini pasar meminati Masou Gakuen HxH (lalu menilai dengan buta kalau semua anime sekarang isinya begituan saja.) Atau yang merasa jengah dibuat-buat karena kini seri seperti Yuri!!! on Ice yang digemari, lalu membandingkan dengan saat ia menonton Slam Dunk!.

Advertisement Inline

Dunia anime sama seperti dunia masyarakat pada umumnya, tidak semua selalu bergerak sesuai dengan keinginan kita. Dengan melepas persepsi dan asumsi diri, kita bisa menikmati berbagai anime baru saat ini tanpa perlu terlalu banyak mengeluh dan menggerutu.

Little Witch Academia. ©TRIGGER

2. Aktif mengecek anime-anime baru yang tayang setiap musimnya

Ribut-ribut di media sosial seperti Facebook dan Twitter tidak selalu merefleksikan dengan baik perkembangan anime saat ini. Hype sangat ditentukan oleh minat dan teman-teman mereka.

Dengan mengecek info anime terkini (seperti panduan anime musiman KAORI yang dikemas secara netral tanpa menghakimi, lengkap dengan trailernya), kamu bisa menentukan apa judul yang cocok untukmu di setiap musimnya. Yang nonton dan menikmati animenya toh juga kamu sendiri, jadi jangan takut untuk berani beda!

Showa Genroku Rakugo Shinjuu. © Kumota Haruko / Kodansha / Rakugo Shinjuu Association

3. Coba mengeksplorasi anime-anime yang tidak terlalu ramai dibicarakan

Penulis suka menonton Masou Gakuen HxH, tapi tidak semua orang suka dan kenyataannya banyak yang membenci anime ini dengan penuh istiqomah. Tetapi yang tayang di setiap musim kan tidak hanya Masou Gakuen, tidak hanya Re:Zero, dan tidak hanya Kuzu no Honkai.

Eksplorasilah anime-anime yang tidak banyak dibicarakan orang. Misalnya pada musim dingin 2017, ada musim kedua Showa Genroku Rakugo Shinjuu yang menceritakan perjalanan seorang seniman tradisional Jepang yang perlahan memasuki Jepang masa kini.

Lanjut ke halaman berikutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.