BAGIKAN
(Julfikri Ahmad)

reon

Untuk merayakan volume komik re:ON yang ke-25, re:ON comics mengadakan event peluncuran yang bertajuk #Reon25 yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2017 silam di Kinokuniya Bookstore, Plaza Senayan. Bagi Reonites atau komunitas re:ON comics yang anggotanya terdiri dari kru redaksi, cosplayer guest, dan penggemar, momen langka ini merupakan momen yang tepat untuk berbaur sesama Reonites. Pasalnya event paguyuban Reonites ini termasuk yang jarang diadakan bahkan pada tahun 2016 silam, tidak ada event peluncuran volume re:ON comics seseru #Reon25. Meskipun diadakannya bentrok dengan event Comic Frontier 8, acara #Reon25 tetap banyak pengunjung bahkan ada yang rela mengunjunginya selepas berkunjung ke Comic Frontier 8.

(re:ON Comics)

Untuk menghadirinya, event ini tidak ada harga tiket masuk, namun khusus pengunjung yang sudah RSVP beberapa minggu sebelum hari-H, akan mendapatkan merchandise dari re:ON comics berupa postcard.

(re:ON Comics)

Yang Membuat Khilaf Saat Event #Reon25

Di lokasi event, pengunjung bisa membeli komik re:ON volume 25 dengan beragam paket yang bisa menyesuaikan budget pengunjung sesuai dengan price list yang telah diposting sebelumnya di kasir Kinokuniya, seperti paket A yang terdiri dari komik re:ON volume 25+poster A3 yang notabene paket termurah seharga Rp. 35.000,-, paket B yang merupakan paket A ditambah kalender 2017 seharga Rp. 80.000,- , gantungan kunci uyel-uyel, dan sketsa komikus re:ON, dan paket C yang seperti paket B namun ditambah boneka emesh-emesh berukuran M seharga Rp. 150.000,-. Diluar paket komik, pengunjung juga bisa beli individual boneka emesh-emesh seharga Rp. 80.000,-/pcs, satu set gantungan kunci uyel-uyel seharga Rp. 80.000,- isi 4, dan neckrest seharga Rp. 80.000,-/pcs.

Khusus penggemar yang membeli sepaket dengan tempate sketsa komikus, penggemar re:ON comics bisa meminta tandatangan di buku komik re:ON dan juga minta dibuatkan sketsa oleh komikus sebelum dan sesudah acara dimulai.

Talkshow Bersama Tiga Komikus re:ON

Acara yang berlangsung dalam event #Reon25 sangat menarik untuk diikuti dan disimak, seperti talkshow dari 3 komikus re:ON yaitu Matto Haq komikus Onthelku, Nan Nan komikus Grandpa is Here, dan Sweta Kartika komikus Spalko. Ketiga komikus tersebut bercerita mengenai pengalamannya sebelum menjadi komikus seperti sekarang. Tentunya lengkap dengan sesi tanya jawab yang disediakan untuk pengunjung yang ingin bertanya mengenai karirnya sebagai komikus.

(Julfikri Ahmad)

Main Game Bareng

Selesai sesi tanya jawab, dilanjutkan oleh games berupa tantangan dari penggemar untuk komikus. Dalam satu dari tiga ronde, 2 komikus maju ke panggung untuk menunjuk satu penggemar dari masing-masing komikus yang maju, kemudian penggemar menggambar bentuk atau objek diatas kanvas untuk komikus tersebut yang nantinya komikus harus menggambar sesuatu melibatkan bentuk gambar yang telah dibuat oleh penggemar seperti mengerjakan soal psikotes, sehingga gambar yang dibuat oleh penggemar harus jelas atau paling tidak gambar objeknya beraturan. Begitu komikus selesai menggambar, kanvas tersebut diberikan oleh penggemar yang memberinya objek rintangan untuk komikus. Komikus yang maju pada ronde pertama dilakoni oleh Sweta Kartika dan C. Suryo Laksono yang keduanya menunjuk penggemar perempuan, ronde kedua dilakoni oleh komikus Nan Nan dan Dini Marlina yang keduanya menunjuk penggemar laki-laki, sedangkan ronde ketiga dilakoni oleh komikus Matto Haq dan Ino Septian yang keduanya menunjuk penggemar laki-laki dan perempuan. Setelah sesi acara selesai, gambar yang dibuat di kanvas oleh komikus untuk penggemar yang ditunjuk, penggemar yang ditunjuk boleh membawa pulang kanvas tersebut.

(Julfikri Ahmad)

Kuis dan Doorprize Berhadiah Wah

Acara berikutnya yang tidak kalah seru adalah acara kuis. Dalam sesi ini pengetahuan mengenai re:ON comics dari penggemar yang hadir diuji dengan memberikan pertanyaan kuis yang apabila penggemar yang ditunjuk berhasil menjawabnya dengan benar akan mendapatkan hadiah berupa merchandise yang terbungkus dengan goodie bag re:ON comics, mulai dari pertanyaan yang lebih umum hingga pertanyaan spesifik pada komik tertentu.

Yang membuat acara kuis menjadi seru adalah antusiasme penggemar untuk menjawabnya dengan dulu-duluan angkat tangan untuk mendapatkan kesempatan menjawab demi mendapatkan merchandise. Supaya adil, penggemar yang sudah menjawab kuis dan mendapatkan merchandise tidak diperkenankan untuk mengangkat tangan lagi.

(Julfikri Ahmad)

Penentuan Ranking Tertinggi re:ON Puzzle Quest

Di penghujung acara utama, penentuan ranking tertinggi pada video game aplikasi re:ON puzzle quest. Reonites yang mendapatkan skor tertinggi dari aplikasi diluncurkan hingga penghujung event #Reon25 akan mendapatkan hadiah utama berupa bantal re:ON berukuran besar. Inilah yang membuat penggemar Reonites berduyun-duyun untuk mendapatkan skor tertinggi agar bisa mendapatkan boneka berukuran besar yang belum dijual oleh re:ON comics hingga event #Reon25 digelar sebelum penentuan. Sebagai hiburan, tertinggi kedua mendapatkan berupa gantungan kunci uyel-uyel.

Ngobrol Lebih Dekat Bareng Komikus dan Cosplayer re:ON

Selesai acara, para penggemar mendapatkan kesempatan untuk tandatangan dan foto bersama official cosplayer re:ON comis, komikus, bahkan direksi lantaran momennya yang sangat tepat untuk berbaur dan berinteraksi lebih dekat. Yang menarik adalah penggemar bisa meminta tandatangan dan foto bareng dengan hanya perlu menunjukkan buku komik re:ON volume 25 tanpa harus membeli poster yang dijual oleh cosplayer seperti ketika event, sehingga penggemar bisa meminta tandatangan dan foto bersama dengan cosplayer yang ada tanpa mengeluarkan biaya ekstra, seperti Clarissa Punipun sebagai Oren, Matcha Mei sebagai Reyna, Franzeska Edelyn sebagai Reon, Jeanice Ang sebagai Rinka, dan Mutiara Donna Visca sebagai Agni seperti yang hadir dalam Ayodya Maid Cafe dalam event ComicFestID 2016. Meskipun berada di tempat yang sempit lantaran toko buku, penggemar tetap berantusias untuk meminta tandatangan dan foto bersama.

Selain itu, penggemar juga bisa meminta tanda tangan dan dibuatkan sketsa oleh komikus untuk penggemar yang belum sempat memintanya sebelum acara utama dimulai. Jika sebelum acara tandatangan dan pembuatan sketsanya dilakukan dengan lesehan, selesai acara utama dilakukan dengan meja yang telah disiapkan, sehingga membuat pelaksanaannya lebih nyaman.

Ditulis oleh Julfikri Ahmad Mursyid | Penulis merupakan panelis “Mengontrol Fanatisme Pop Culture Jepang untuk Masyarakat Indonesia” pada event Road to KAORI Expo, penggemar dan pengamat otomotif selama lebih dari 10 tahun.