© 2016 your name. Production Comittee

“your name.” merupakan salah satu film anime Jepang yang menjadi perbincangan hangat saat ini. Film yang diproduksi oleh studio CoMix Wave dan disutradarai oleh Makoto Shinkai tersebut berhasil mencetak rekor box office di berbagai negara selama masa pemutarannya, antara lain Jepang, Thailand, Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok. Raihan pendapatan film ini di kancah internasional disebut-sebut berhasil melampaui rekor pendapatan film Spirited Away karya Studio Ghibli yang diputar pada tahun 2001.

Baca Juga: Cool Japan Luncurkan Program Tur your name.

Menanggapi prestasi film tersebut, salah satu pendiri Studio Ghibli Toshio Suzuki yang juga pernah menjabat sebagai produser di studio tersebut akhirnya berkomentar. Dikutip dari wawancara yang dimuat dalam majalah Shuukan Bunshun edisi 2 Februari 2017, ia memprediksi bahwa pakem cerita “seorang gadis yang tersesat di dunia lain” yang pernah digunakan dalam film Spirited Away akan dipakai kembali. Hayao Miyazaki yang sebelumnya beberapa kali melontarkan “kritik pedas” mengenai industri anime pun menyetujui pendapat tersebut. Ia mengatakan “Saya tidak akan membuatnya, tapi jalan cerita film tersebut sama seperti yang saya pikirkan”. Suzuki juga mengatakan bahwa istilah “dunia lain” dalam film tersebut berhasil digunakan secara berulang-ulang. Ia memiliki firasat bahwa Makoto Shinkai adalah penggemar Hayao Miyazaki.

Advertisement Inline

Suzuki pun akhirnya memuji film anime besutan Shinkai tersebut. Ia mengatakan berbagai elemen karakter dalam cerita, dialog, dan musiknya membuat ilustrasi latar belakang dalam film ini begitu menonjol. Dirinya juga terkesan dengan ilustrasi langit yang seolah-olah membuat penonton dapat menghirup udara di dalamnya.

© 2016 your name. Production Comittee

Film your name. sendiri telah diputar di bioskop Jepang sejak 26 Agustus 2016 dan layar bioskop Indonesia pada 7 Desember 2016. Filmnya sendiri mengisahkan dua insan, Mitsuha dan Taki, dengan kehidupan yang berbeda. Mitsuha adalah seorang siswi SMA yang tinggal di sebuah daerah pedesaan dan hidup hanya bersama nenek dan adiknya yang masih SD. Di sisi lain, Taki adalah seorang siswa SMA yang tinggal di Tokyo, sering berkumpul bersama teman-temannya dan bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia. Suatu hari, Mitsuha sempat bermimpi dirinya menjadi lelaki. Sebaliknya, Taki malah bermimpi di mana dirinya menjadi perempuan dan tinggal di daerah pegunungan yang tak pernah ia datangi. Di balik mimpi aneh tersebut, tersimpan sebuah rahasia yang akhirnya akan mempertemukan mereka.

Baca Juga: Ulasan Anime Your Name.

KAORI Newsline

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.