Persiapan Menyambut Jakarta Toys and Comics Fair 2017

0

Tidak terasa perhelatan Jakarta Toys and Comics Fair (JTCF) 2017 digelar sebentar lagi yaitu pada tanggal 11-12 Februari 2017, momen yang tidak begitu jauh dari orang-orang gajian pada umumnya dan juga tidak begitu jauh dari Imlek buat yang mendapatkan angpaunya. Jakarta Toys and Comics Fair 2017 merupakan salah satu perhelatan yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar pop culture, miniatur kendaraan, hingga bricks dan dalam event itu juga merupakan salah satu tempat dimana orang-orang dari beragam usia berkumpul, mulai dari anak-anak yang senang mainan, remaja yang senang dengan collectible ataupun beberapa aktifitas pop culture lain, hingga orang dewasa yang senang dengan barang-barang collectible.

Buat orang yang punya hobi terkait isi dari perhelatan Jakarta Toys and Comics Fair 2017, perhelatan tersebut sangat bisa dibilang menguntungkan hingga penulis harus menguraikannya agar lebih mudah dicerna yang uraiannya dibuat berdasarkan sumber dari fanpage event-nya langsung.

APA YANG BISA DILAKUKAN DI JTCF 2017?

Advertisement Inline
  1. Belanja mainan, komik, dan barang-barang collectible. Tentu bukan toys fair namanya kalau tidak ada sesuatu yang membuat pengunjung yang notabene penggemar di bidangnya “khilaf”, lantaran seller collectible atau komik yang terorganisir. Begitu banyak barang-barang collectible atau mainan yang bisa dibeli di event Jakarta Toys and Comics Fair 2017 dan Anda akan mengetahuinya jika Anda memperhatikan booth-booth seller yang berpartisipasi.
  2. Berkumpul para komunitas. Selain komunitas yang juga tenant dari event JTCF 2017, Jakarta Toys and Comics Fair 2017 merupakan salah satu event yang ideal untuk dijadikan tempat ketemuan terutama untuk orang yang memiliki hobi sama, entah itu komunitas penggemar barang-barang koleksi, komunitas penggemar popculture, dan masih banyak lagi.
  3. Cari inspirasi untuk bahan riset. Untuk orang yang berminat atau bergerak dibidang industri kreatif seperti bidang seni rupa dan desain, termasuk yang masih pelajar atau mahasiswa, Jakarta Toys and Comics Fair bisa jadi perhelatan yang banyak elemen inspiratif sebab JTCF merupakan salah satu wadah industri kreatif yang bergerak di bidang pop culture dengan adanya acara-acara di panggung, kompetisi, booth komunitas, dan juga booth seller, sebab JTCF memang wadah mencari profit untuk orang yang bergerak dibidang industri kreatif atau hobi yang bisa dijadikan inspirasi untuk berkarya.
  4. Ketemu cosplayer ternama. Dalam JTCF 2017 ini, guest cosplayer-nya adalah Katyuska Moonfox asal Australia dan Anda bisa signing dan meet and greet di hari Sabtu dan Minggu.
  5. Cosplay. Sesuai namanya, JTCF 2017 merupakan salah satu wadah penggemar cosplay untuk melakukan cosplay, baik dalam konteks just for fun, kumpul komunitas, maupun lomba.
  6. Menonton acara panggung. Setidaknya buat Anda yang hanya punya uang untuk bayar tiket, Anda bisa menonton berbagai acara panggung dalam event JTCF 2017, seperti cosplay performance, cosplay kabaret, koreografi, talkshow, screening, dan masih banyak lagi. Selain itu, berhubung harga tiketnya yang cukup mahal, dengan adanya acara panggung, keuntungan dari uang yang dikeluarkan untuk bayar tiket bisa bertambah.
  7. Menyumbang mainan. Yayasan Sayap Ibu selaku yayasan yang berpartisipasi sebagai tenant membuka kesempatan para pengunjung yang ingin menyumbangkan mainannya kepada yang membutuhkan.
  8. Kompetisi. JTCF 2017 juga menjadi wadah untuk berkompetisi, seperti kompetisi Lego, balap diecast Tomica, dan kompetisi cosplay dengan juri Katyuska yang juga bintang tamu, Ryuuta, dan Phankness.

Setelah mengetahui apa yang bisa dilakukan dalam event JTCF 2017, berikut hal yang harus dipastikan sebelum hari-H JTCF 2017 sebagai persiapan.

  1. Pastikan Anda sudah membaca isi dari event JTCF 2017 melalui postingan dari fanpage event-nya langsung, yaitu https://www.facebook.com/jtcfair/, dan Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan disana, yang diawali dengan memperhatikan banner event, denah venue, dan rundown acara panggung

Denah Venue:

Komunitas

Seller:

  1. Pastikan Anda berada dalam kondisi keuangan yang memadai. Biar bagaimanapun juga, untuk kunjungan ke JTCF saja, tanpa belanja atau modal untuk kompetisi, tetap membutuhkan uang paling tidak untuk transportasi PP, harga tiket masuk, makan/minum, dan parkir jika Anda membawa kendaraan bermotor. Setelah itu, barulah siapkan uang tunai sebelum tiba di event, sebab meskipun di Balai Kartini tersedia ATM dari berbagai bank, bisa saja hanya salah satu dari bank yang ada yang aktif atau bahkan tidak ada.
  2. Pastikan Anda membuat keputusan yang tepat kapan Anda akan berangkat ke event dan naik apa Anda akan ke sana. Untuk Anda yang naik transportasi umum massal atau taksi, Anda hanya perlu memikirkan waktu yang tepat agar kendaraan umum massal mudah didapat atau jika Anda naik taksi, baik konvensional maupun online, mendapatkan argo yang lebih terjangkau, baik disaat berangkat maupun pulang. Sedangkan untuk Anda yang membawa kendaraan bermotor terutama mobil, Anda butuh perhitungan yang lebih tepat lantaran parkiran Balai Kartini yang kapasitasnya sangat terbatas untuk perhelatan sekaliber JTCF sehingga relatif sulit mendapatkan parkir.
  3. Pastikan Anda berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima. Event JTCF bisa dipastikan akan ramai dikunjungi sehingga dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima seperti ketika mencari parkir, mengantri, atau berada di kerumunan. Berhubung hal yang tak terduga bisa terjadi, baik terkait event maupun di luar perhelatan, dibutuhkan persiapan mental yang memadai untuk mengurangi peluang terjadinya drama.
  4. Pastikan Anda memahami peraturan yang berlaku, baik di dalam event maupun ketika berpartisipasi dalam kompetisi.

Selain persiapan dasar, terdapat tips persiapan yang lebih spesifik efisiensi kunjungan Anda ke event.

  1. Untuk yang hendak belanja barang-barang di perhelatan ini, siapkan uang tunai secukupnya sebab kebanyakan tenant seller tidak menyediakan device untuk kartu debit/kredit.
  2. Siapkan barang yang perlu dibawa seperti kamera untuk mendokumentasikan event dan barang-barang untuk keperluan kompetisi seperti diecast Tomica untuk Tomica track competition, dan kostum cosplay untuk lomba cosplay atau hanya sekedar fun. Untuk yang bawa kamera, pastikan baterainya cukup untuk dokumentasi.
  3. Untuk yang mengincar salah satu event acara panggung atau kompetisi, sebaiknya datang jauh lebih awal sebelum acaranya dimulai supaya memiliki waktu cadangan untuk antisipasi hal-hal yang tak terduga. Tentunya itu sangat vital untuk peserta lomba cosplay sebab Anda akan membutuhkan waktu ekstra untuk persiapan kostum dan properti serta gladi resik sebelum lomba dimulai.
  4. Sebisa mungkin jangan hanya satu keperluan, seperti hanya belanja barang yang diincar saja, tetapi juga ada keperluan lain seperti selain belanja juga cari inspirasi, menonton acara panggung, dan sebagainya agar biaya yang dikeluarkan untuk bayar tiket lebih efisien dan tentunya menyesuaikan kapasitas juga agar tidak ada yang terbengkalai.
  5. Untuk yang menjadikan perhelatan ini sebagai tempat ketemuan sebaiknya berangkat ke sana bersama-sama agar ongkos transportasinya bisa patungan.

Intip apa saja atraksi yang akan memeriahkan perhelatan ini:

This slideshow requires JavaScript.

Dan berikut adalah susunan acaranya:

This slideshow requires JavaScript.

Demikianlah, selamat bersenang-senang di Jakarta Toys and Comics Fair (JTCF) 2017.

Ditulis oleh Julfikri Ahmad Mursyid | Penulis merupakan Panelis “Mengontrol Fanatisme Pop Culture Jepang untuk Masyarakat Indonesia” pada event Road to KAORI Expo, penggemar otomotif lebih dari 10 tahun.

KAORI Nusantara membuka kesempatan bagi pembaca utk menulis opini tentang dunia anime & industri kreatif Indonesia. Opini ditulis 500-1000 kata dlm bhs Indonesia/Inggris & kirim ke opini@kaorinusantara.or.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.