Hujan deras yang turun di area Jabodetabek dan sekitarnya pada hari ini mulai mengakibatkan sejumlah titik di sekitaran rel tergenang banjir. Akibat hujan serta genangan banjir ini, sejumlah gangguan operasional pada perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) terjadi pada pagi hari ini yang telah diberitakan sebelumnya di sini.

Baca Juga: Kampung Bandan Banjir, Sejumlah Perjalanan KRL Terhambat

Menurut rilis resmi dari PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), hingga pukul 06.00 WIB terdapat genangan air di sejumlah titik antara lain di Kampung Bandan, Jakarta Kota, Tebet, dan Kalideres – Rawa Buaya. Untuk genangan di Tebet serta petak Kalideres – Rawa Buaya, hingga saat ini belum berdampak pada operasional KRL hari ini.

Genangan air di dekat stasiun Kampung Bandan pagi tadi

Terkait hal ini, KCJ telah mengupayakan rekayasa pada operasional KRL untuk mengurai antrian imbas dari gangguan yang terjadi hari ini.

Hingga kini, kondisi lintas berangsur membaik terutama pada wilayah Kampung Bandan, genangan air di antara Stasiun Angke – Kampung Bandan  dan Stasiun Kampung Bandan – Kemayoran saat ini sudah dapat dilintasi oleh KRL.

Berikut update informasi mengenai lintas hingga pukul 08.45 WIB:

  1. Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota (PP): Perjalanan KRL normal.
  2. Lintas Bogor/Depok – Jatinegara (PP):
    Perjalanan normal, genangan air di jalur rel lintas Kampungbandan telah surut, dan dapat kembali dilalui KRL sejak pukul 07.48 WIB.
  3. Lintas Bekasi – Jakarta Kota (PP):
    Perjalanan normal, masih terdapat antrian dampak persinyalan di Stasiun Jatinegara yang sempat terganggu karena genangan air.
  4. Lintas Tangerang – Duri
    Perjalanan normal. Kecepatan KRL harus dikurangi di sekitar wilayah jalur rel Stasitun Tamankota, dampak warga yang wilayahnya terimbas banjir mengungsi mendekati jalur rel.
  5. Lintas Tanah Abang – Serpong/Parungpanjang/Maja (PP). Perjalanan kembali normal, setelah sebelumnya terdapat genangan air di lintas Kebayoran – Pondokranji.
  6. Lintas Jakartakota – Tanjungpriok (PP):
    Perjalanan tertahan sementara akibat adanya genangan air pada rel.

Pihak KCJ mengatakan bahwa mereka akan tetap memantau kondisi di lintas dan akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait agar perjalanan KRL dapat kembali normal bilamana ketinggian air sudah memungkinkan.

Seluruh pengguna jasa dihimbau untuk tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan saat beraktivitas di Stasiun dan di KRL. Pengguna jasa juga dihimbau untuk tidak memaksakan diri naik apabila KRL telah penuh dan menunggu KRL selanjutnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Sejumlah Jalur Transjakarta Lumpuh

Cemplus Newsline by KAORI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.